Sukses

Parenting

Jangan Galau Dulu, Coba 5 Tips Ini untuk Mencegah Kemandulan

Takut nggak bisa hamil. Khawatir nggak bisa punya momongan. Was-was soal apakah masih punya peluang untuk hamil atau malah jangan-jangan mandul? Pernah merasakan kekhawatiran dan kegalauan itu, Ladies?

Memang ada banyak hal dan faktor yang menjadi penyebab seseorang tidak bisa hamil. Faktor gaya hidup menjadi salah satu pendukung terbesar yang belakangan ini menyebabkan banyak wanita yang sudah lama menikah tak kunjung dikaruniai anak. Daripada galau sendiri, coba ikuti tips-tips ini sebagai usaha untuk mencegah kemandulan.

    Jaga Berat Badan Tubuh Tetap ideal

    Masih sering berpikiran biar gemuk asalkan sehat? Wah, gemuk itu tak selalu sehat lho, apalagi jika kelebihan berat badannya cukup banyak. Ada alasan mengapa orang harus selalu diet dan menjaga berat badan ideal. Menjaga berat badan ideal itu salah satu tujuannya adalah agar terhindar dari segala macam penyakit, seperti penyakit diabetes, kanker, keguguran, sulit hamil, dan lain sebagainya.

    Atasi Stresmu dengan Cara Sehat

    Stres bisa jadi sumber utama berbagai macam penyakit. Dari penyakit yang tidak berbahaya, hingga penyakit yang berbahaya seperti kanker, penyakit jantung, dan lain sebagainya. Bahkan bisa menghambatmu untuk dapat momongan. Ada banyak cara positif yang bermanfaat untuk mencegah stres ini datang mengganggu. Misalnya saja berolahraga, meditasi, berlibur, melakukan berbagai hobi menyenangkan, dan lain sebagainya.

    Stop Rokok dan Minuman Beralkohol

    Produk rokok dan minuman beralkolhol tersebut sudah memberikan peringatan kerasnya pada setiap orang yang akan mengonsumsi. Dapat menyebabkan kemandulan dan segala penyakit berbahaya lainnya. Dengan menghindari konsumsi terhadap rokok dan alkohol, perencanaan kehamilan akan jauh lebih mudah.

    Olahraga Rutin dan Jaga Pola Makan Sehat

    Seimbangkan aktivitas harianmu dengan olahraga secara rutin. Berolahraga secara teratur akan menjaga kondisi tubuh serta tetap membuat tubuh prima. Banyak penyakit yang disebabkan karena tidak hidup sehat dan membiarkan aneka makanan masuk dengan bebas ke dalam perut. Untuk itu, pastikan kamu memilih makanan sehat dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

    Telusuri Riwayat Kesehatan Keluarga

    Coba cek silsilah keluarga, terutama orangtua dan saudara dekat. Apabila diantaranya pernah mengalami sakit seperti endometriosis, polycystic ovarian syndrom, menopause dini, hypothyroidism, maka kamu harus mengonsultasikan diri ke dokter. Mungkin kamu perlu melakukan tes lab untuk memastikan kesuburanmu juga. Cari tahu juga soal risiko keguguran atau sulit hamil akibat penyakit tertentu.

    Dapatkan Vaksinasi

    Penting untuk mengambil rangkaian vaksinasi yang disarankan saat menikah, misalnya TT, atau vaksinasi untuk mencegah Campak Jerman atau biasa disebut dengan rubella. Selain itu, sebaiknya tak menunda kehamilan terlalu lama. Pada usia tertentu ada risiko yang berbahaya yang dapat mengancam kesehatan wanita. Bahkan di usia 30 akhir atau mendekati 40, wanita tidak disarankan untuk hamil.



Semoga tips-tips di atas bisa membantumu untuk bisa segera dapat momongan, ya Ladies. Jangan galau atau putus asa terlebih dahulu sebelum mencoba yang terbaik, setuju?




(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading