Sukses

Lifestyle

Let's Get Lost: Keren, 5 Perempuan Indonesia Doyan Berpetualang, Berani Seperti Mereka?

Oleh: Winda Carmelita

Ladies, jika jaman dahulu, perempuan Indonesia identik dengan sosok yang 'hanya' boleh berada di dalam rumah dan melakukan serangkaian kegiatan domestik, seperti masak, membersihkan rumah, melayani keluarga, kini anggapan tersebut mulai bergeser. Perempuan Indonesia kini lebih mandiri, berani dan menyukai tantangan di luar rumah. Misalnya dengan traveling seorang diri ke berbagai tempat di berbagai belahan dunia.

Berpetualang melintasi kota dan antar negara, mendaki gunung, menyelam bahkan melakukan itu semua seorang diri pun kini banyak dilakukan oleh perempuan. Di Indonesia, kita punya 5 perempuan petualang yang tangguh, yang doyan travelling ke berbagai destinasi yang seru. Beberapa di antara mereka bahkan 'dinobatkan' sebagai traveler perempuan Indonesia yang tangguh. Siapa saja mereka? Yuk simak kisahnya berikut ini.

(vem/wnd)

Riyanni Djangkaru

Bicara tentang perempuan Indonesia yang doyan berpetualang, rasanya nama Riyanni Djangkaru telah menjadi trademark. Tak heran, ibu satu anak ini mulai dikenal sejak kemunculannya sebagai presenter acara travelling sebuah stasiun televisi swasta di tahun 2002.

Riyanni rutin mendaki gunung, keluar masuk berbagai gua di Indonesia, menelusuri pedalaman di Indonesia dan tak ketinggalan juga, diving. Gayanya yang sporty juga menjadi daya tarik tersendiri. Riyanni tak hanya berhenti pada hobi berpetualangnya saja, lho. Kepeduliannya terhadap lingkungan juga ditunjukkannya melalui gerakan #SaveSharks Indonesia, yaitu kampanye penyelamatan hiu dari kepunahan.

Riyanni mampu membuktikan meskipun ia tangguh di lapangan, ia juga memiliki hati yang lembut terhadap lingkungan dan sesama. Berminat mengikuti jejaknya Ladies?

Medina Kamil

Apakah Anda masih ingat dengan musibah long boat di Raja Ampat pada tahun 2006? Dalam tragedi tersebut, 5 awak kapal tim ekspedisi acara travelling salah satu televisi tersebut terombang-ambing di laut Arafuru selama 4 hari. Salah satu dari mereka adalah seorang perempuan asal Jakarta, bernama Medina Kamil.

Medina Kamil, perempuan kelahiran Jakarta, 6 April 1982 ini adalah presenter sebuah acara travelling menggantikan posisi Riyanni Djangkaru. Perempuan penyuka makanan pedas ini dikenal pemberani, mulai dari urusan bergaul dengan ular-ular besar hingga makan ulat saat melakukan reportase di Papua. Tak heran, Dina, panggilan akrabnya, punya banyak fans yang kebanyakan adalah kaum pria petualang.

Trinity 'The Naked Traveler'

Daftar ini takkan lengkap tanpa nama Trinity di dalamnya. Ya, sang Naked Traveller ini juga dianggap sebagai pionir perempuan petualang Indonesia. Trinity banyak melakukan perjalanannya seorang diri ala backpacker. Mandiri banget!

Ia merekam kisah-kisah perjalanannya keliling dunia dalam seri buku The Naked Traveler. Awalnya, ia dikenal sebagai travel writer. Jika umumnya orang-orang kebanyakan berlibur selama beberapa hari atau beberapa minggu, Trinity justru 'mendedikasikan' 1 tahun dalam hidupnya untuk berpetualang seorang diri melintasi 144.577 km dan berkunjung ke 22 negara di dunia. Keren ya. Anda dapat menyimak perjalanannya dalam video berikut ini:


Video: copyright youtube.com/TheNakedTraveler

Claudia Kaunang

Ladies, travelling ke luar negeri mahal? Wah, kita harus bertanya pada ratunya berwisata murah di luar negeri nih. Claudia Kaunang, ya perempuan inspiratif ini telah menerbitkan beberapa buku panduan wisata murah di luar negeri, antara lain buku "Rp 500 Rbu Kliling Singapura' dan 'Rp 3 juta Keliling Korea Dalam 9 Hari'.

Tak hanya berpetualang dan menulis buku sendiri, Claudia Kaunang pun mengajak orang lain untuk berani travelling dengan budget rendah melalui kegiatan yang dinamakan Trip Bareng CK. Seluruh kegiatan ini, mulai dengan pemesanan hotel hingga daftar perjalanan disusun sendiri oleh Claudia. Claudia ingin agar orang-orang berani dan mandiri menyusun kegiatan jalan-jalannya sendiri. Wah, apakah Anda berani seperti Claudia Kaunang, Ladies?

Nadine Chandrawinata

Ya, siapa yang tak kenal pada sosok Putri Indonesia 2005 ini? Ia memang banyak dikenal sebagai model. Tetapi siapa sangka, perempuan keturunan Jerman-Indonesia ini kini sedang asyik menggeluti hobinya, yaitu diving.

Kecintaan Nadine pada kegiatan menyelam di laut bebas ini membuatnya berkeliling Indonesia demi mencicipi keindahan bawah laut. Berkat kecintaannya pada laut inilah, Nadine juga ditunjuk oleh WWF Indonesia menjadi duta keonservasi kehidupan laut. Meskipun kerap dikaitkan dengan kehidupan selebriti yang glamor, nyatanya wakil Indonesia dalam ajang Miss Universe 2006 ini pun tak ragu lho memandikan gajah dan berkubang di sungai. Apakah Anda juga punya pengalaman diving yang seru seperti yang dialami Nadine Chandrawinata, Ladies?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading