Sukses

Beauty

Waspadai Kanker Hati, Begini Caranya Menghindarinya Sejak Dini

Memiliki ratusan fungsi yang dijalankan, hati menjadi salah satu organ yang paling kompleks dalam tubuh manusia. Organ hati berfungsi membentuk asam empedu, protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. Bukan hanya itu, hati juga menjalankan fungsi sebagai daya tahan tumbuh dan antibodi yang mampu melawan kuman yang akan masuk ke dalam tubuh.

Nah bayangkan jika hati kamu rusak, pasti akan berakibat sangat serius. Fungsi-fungsi hati tersebut akan terhambat, bahkan benar-benar menghentikannya. Jika tidak ingin terjadi masalah tersebut kita pun tak perlu menunggu penyakit datang menghampiri, kita dapat mencegahnya sejak dini. Penyebabnya secara umum ada dua. 

"Hati normal akan butuh waktu lama menjadi kanker, jadi masih ada waktu untuk mendeteksinya secara dini, dengan menggunakan vaksin. Vaksin diri kita karena vaksin tidak hanya untuk anak kecil saja atau kita coba cek apakah ada hepatitis B dan C dalam tubuh karena itulah kita dapat terkena kanker hati,"ujar dr. Dr. Lianda siregar, SpPD.

Selain itu, gaya hidup modern yang kurang baik membuat setiap orang makan seenaknya. Dari makan tidak diatur, kita dapat terserang kanker. Kini, kanker hati tidak hanya disebabkan oleh hepatitis B dan C, sirosis, dan alkohol, melainkan fatty liver dan diabetes.

"Periksa hepatitis B jangan lupa, selain itu makan juga harus sesuai dengan kebutuhan, jangan berlebih, gemuk boleh tapi harus banyak gerak. Tak harus olahraga berat, cukup dengan berjalan kaki minimal satu jam agar tidak terjadi fatty liver," tambah dr. Liana.

Kanker memang tidak dapat sembuh walau kanker sudah hilang, namun sewaktu-waktu dapat muncul lagi jadi harus selalu rutin diperiksa. Dan lebih baik dicegah karena jika penyebabnya sudah diketahui, akan lebih mudah diobati.

Gejala kanker hati biasanya kurang spesifik seperti kelelahan dan mual. Penurunan berat badan tanpa sebab, sering muntah, serta sakit kuning (kulit dan bagian mata putih yang menguning akibat meningkatnya kadar bilirubin dalam tubuh manusia).

Jadi, sebelum terkena kanker hati, mulai peduli dengan kesehatan tubuhmu dari sekarang ya ladies.

(vem/asp/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading