Sukses

Beauty

Waspadai Kanker Ovarium Di Usia Muda, Kenali Gejalanya!

Kanker bisa mengidap siapa saja, tak peduli beberapa umurmu, termasuk kanker ovarium. Meski memang pada umumnya, kanker ovarium terjadi pada wanita dewasa usia di atas 30 tahun, namun tak menutup kemungkinan ini terjadi pada wanita usia muda.

Bahkan artis Amerika Cobie Smulders didiagnosis mengidap kanker ovarium di usia 25 tahun. Jarang memang, kanker ovarium terjadi pada usia 20-an tahun, tapi kemungkinan akan lebih besar jika kamu punya keturunan tipe sel yang berhubungan dengan mutasi gen BRCA atau kanker yang berhubungan dengan organ reproduksi.

Ginekologi Nimesh Nagarsheth, MD dalam Health.com mengatakan, jika sel hereditas atau bawaan ini ada dalam dirimu, lebih tinggi potensinya bahkan jika kamu masih kisaran usia muda. Usia memang bukan batasan dan peneliti masih belum mengetahui secara pasti mengapa sel kanker ovarium bisa berkembang pada wanita usia muda, selain karena fakta adanya gen bawaan.

Cobie Smulders/ copyright by The Daily Beast

Ada banyak faktor atau variabel yang mungkin mempengaruhi. Sebelum menyadari ini kanker ovarium, Cobie Smulders mengatakan bahwa tubuhnya terasa tidak biasa dan tak sehat. Ia selalu merasa kehabisan energi, mudah lelah dan lelah sepanjang hari. Ia juga merasakan adanya tekanan rasa sakit di perut, sulit dijelaskan. Dari situlah ia memutuskan periksa ke dokter.

Sebanyak 94% wanita kanker ovarium bisa bertahan jika gejala diketahui sejak awal, sayangnya kebanyakan wanita baru mengetahui mengidap kanker ini setelah stadium 3 atau 4. Dan biasanya gejala timbul begitu kuat seperti rasa sakit tak tertahankan di area perut dan bawah perut karena adanya jaringan abnormal yang tumbuh membesar di area itu.

Selain menjaga gaya hidup sehat, beberapa cara pencegahan kanker ovarium adalah dengan cara menggunakan pil KB, hamil, menyusui, dan bahkan pemotongan tuba falopi (steril) bisa jadi cara mencegah kanker ovarium. Yuk lebih perhatian dengan kesehatan tubuhmu ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading