Sukses

Beauty

Menahan Buang Air besar Di Kantor, Buruk Kah?

Terkadang pencernaan tak bisa diduga, ada kalanya kamu akan merasa kebelet buang air besar di mana saja, seperti misalnya di sekolah atau di kantor. Tapi karena malu, akhirnya kamu memutuskan menahannya sekuat yang kamu bisa.

Tapi aman dan sehat kah menahan buang air besar? Bagaimana pun, ini bisa menghambat kinerja pencernaan dan pastinya akan membuatmu kesakitan dan hilang konsentrasi. Tapi mau bagaimana lagi, kamu pasti malubuang air besar di kantor kan? Perasaan tak nyaman pasti menghalangimu untuk pup.

Dalam Women's Health, dokter Keri Peterson, M.D., mengatakan bahwa ini memang bahaya. Menahan buang air besar saat kamu sudah kebelet dan mengabaikan rasa sakitnya bisa menyebabkan konstipasi atau susah buang air besar.

Semakin lama kotoran disimpan di dalam usus, semakin keras jadinya karena usus tetap menyerap air, sedangkan yang diserap kembali ke dalam tubuh adalah sampah. Hal ini akan menimbulkan rasa sakit bahkan berdarah saat buang air besar nantinya.

Perut juga pasti akan merasa kembung atau tidak nyaman selama menahan buang air besar. Sering menahan buang air besar juga memicu timbulnya wasir. Jika ingin pencernaan lancar dan tidak sering kebelet buang air besar saat sudah tiba di kantor, rutinlah makan makanan berserat sehingga bisa buang air besar sebelum berangkat kerja.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading