Sukses

Beauty

Benarkah Tidur Siang Menyehatkan? Faktanya Mengejutkan

Tidur siang merupakan salah satu aktivitas yang sangat disarankan untuk dilakukan. Beberapa waktu lalu, penelitian menyebutkan jika tidur siang bermanfaat untuk membuat tubuh menjadi makin sehat dan pikiran makin nyaman. Tidur siang, juga dikatakan bisa membuat kualitas kerja menjadi semakin menarik dan mengesankan. Tapi, benarkah tidur siang bisa membuat tubuh sehat? Dikutip dari laman mirror.co.uk, faktanya mengejutkan Ladies.

Memang benar, tidur siang adalah suatu hal yang sangat menyehatkan. Dengan catatan, tidur siang dilakukan oleh seseorang yang memang memiliki tidur malam kurang. Bagi mereka yang waktu malam memiliki waktu tidur kurang, mereka bisa menggantinya saat siang selama setengah sampai satu jam. Tidur lebih dari itu justru akan membuat kepala merasa pusing, perut mual dan tidak jarang membuat badan justru terasa semakin lelah.

Lebih buruk lagi, bagi mereka yang telah memiliki tidur malam cukup dan memaksakan diri untuk tidur siang, hal ini akan membuatnya memiliki waktu tidur yang berlebih. Dengan waktu tidur yang berlebih, ini bisa saja membuat tubuh seseorang terasa semakin lelah, mudah mengantuk dan kurang semangat. Tidak jarang, tidur siang juga akan membuat seseorang lebih mudah mengalami pikun atau perasaan bingung. Terlebih lagi, jika tidur siang ini dilakukan pada waktu-waktu yang tidak seharusnya misalnya saja di bawah jam 10 pagi dan di atas jam 3 sore.

Stephanie Centofani dari Research Associate di University of South Centre Australia mengungkapkan bahwa tidak sedikit orang yang akan merasa kurang nyaman dan khawatir setelah ia tidur siang. Tidak sedikit pula orang-orang yang justru merasa pusing dan lelah setelah mereka tidur siang. Biasanya, hal ini terjadi pada mereka yang memiliki tidur malam cukup sementara saat siang ia juga tidur. Waktu tidur yang berlebihan lah yang nantinya membuat suasana hati seseorang menjadi kurang nyaman dan tubuhnya terasa lebih lemas.

Stephanie mengatakan, "Tidur siang baik untuk mereka yang kurang tidur saat malam. Ini bisa dilakukan setengah jam. Lebih dari itu justru bisa berdampak buruk buat kesehatan. Sementara saat sore hari, tidur siang tak boleh lebih dari 15 menit. Seseorang yang kurang tidur saat malam mungkin akan mendapatkan manfaat baik dari tidur siang selama 20 sampai 30 menit. Tapi, bagi orang yang sudah memiliki tidur malam baik, kemungkinan besar ia tak akan merasa lebih baik setelah mendapatkan tidur siang."

Selain membuat tubuh terasa lemas, para ahli juga menambahkan bahwa tidur siang juga bisa berdampak buruk pada pembentukan lingkar mata. Mereka yang kekurangan tidur dan kelebihan tidur akan sama-sama memiliki lingkar mata yang cenderung lebih hitam dan buruk dari mereka yang tidur dengan porsi cukup serta berkualitas setiap harinya. Semoga, informasi ini bermanfaat dan semoga kita semua bisa mengatur waktu tidur kita dan dapatkan waktu tidur cukup nan berkualitas

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading