Sukses

Beauty

4 Manfaat Mengagumkan Kunyit Buat Kesehatan

Kunyit merupakan salah satu rempah yang siapapun pasti mengenalnya. Kunyit juga merupakan salah satu rempah yang bisa didapatkan dengan mudah baik di pasar tradisional atau supermarket dan minimarket. Biasanya, kunyit digunakan untuk bumbu masak, untuk masker atau sebagai jamu (minuman kesehatan). Para ahli mengungkapkan bahwa kunyit mengandung berbagai nutrisi yang sangat baik dan mengagumkan buat kesehatan tubuh.

Mellisa Kanchanapoomi Levin, MD, seorang dermatolog asal New York bahkan mengungkapkan bahwa nutrisi pada kunyit juga bisa menyembuhkan beberapa macam penyakit dalam tubuh. Sementara itu, Susan Tucker yakni pendiri Green Beat Life sekaligus ahli kesehatan kulit mengungkapkan bahwa nutrisi pada kunyit memiliki banyak manfaat buat kesehatan serta kecantikan. Mengenai manfaat sehat kunyit, dikutip dari laman prevention.com, berikut adalah beberapa manfaat kunyit buat kesehatan tubuh.

    Detoks Alami

    Penelitian menemukan bahwa kunyit mengandung nutrisi dan antioksidan yang sangat baik buat kesehatan tubuh. Antioksidan ini juga dikatakan mampu menjadi detoks alami buat tubuh. Dengan minum satu cangkir minuman kunyit setiap pagi, Susan Tucker mengatakan bahwa hal ini bisa bantu seseorang mencegah risiko kanker, risiko ginjal, risiko liver dan sekaligus membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Jika tak suka dengan minum minuman dari kunyit, kita bisa memanfaatkan kunyit untuk bumbu masakan.

    Mengobati Batuk dan Pilek (Flu)

    Manfaat mengagumkan selanjutnya adalah kunyit bisa menjadi obat batuk dan pilek (flu). Nutrisi yang terkandung di dalam kunyit dipercaya bisa melawan radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, nutrisi pada kunyit juga dipercaya bisa menjadi penghangat tubuh yang baik dan menurunkan risiko batuk juga pilek.

    Menurunkan Berat Badan

    Selanjutnya, nutrisi pada kunyit dikatakan bisa menurunkan berat badan dengan baik dan membakar lemak dalam tubuh dengan tepat serta cepat. Caroline Apovian, MD, seorang profesor kedokteran di pediatri di Boston University School of Medicine menyebutkan jika senyawa dalam kunyit hampir sama dengan senyawa yang ada di jahe dan bawang putih dimana senyawa ini bisa bantu menurunkan berat badan dengan baik.

    Meningkatkan Kesehatan Otak

    Sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Psychopharmacology menemukan bahwa kandungan nutrisi pada kunyit bisa melancarkan sistem peredaran darah dengan baik dan meningkatkan aliran darah ke otak sehingga membuat otak menjadi semakin sehat, tidak mudah lupa dan cerdas. Lebih dari itu, rutin konsumsi kunyit setiap hari ternyata juga menunda penuaan dini.


Well, itulah beberapa manfaat mengejutkan dan mengagumkan kunyit buat kesehatan tubuh. Untuk kamu yang nggak suka sama kunyit, rasanya sangat sayang sekali jika kamu masih tak menyukainya. Mengingat ada banyak manfaat sehat kunyit buat kesehatan, jangan lupa buat konsumsi kunyit secara teratur dengan porsi yang tepat ya.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading