Sukses

Beauty

Pakai Sepatu Baru Tapi Nggak Mau Kaki Lecet? Gini Solusinya

Ketika memakai sepatu baru atau sepatu tertentu, tidak jarang kaki menjadi lecet, melepuh atau seperti terdapat luka bakar. Hal ini sebenarnya adalah suatu kondisi yang wajar. Umumnya, kaki lecet atau melepuh karena sepatu terjadi karena sepatu terlalu sempit, terlalu tinggi, bahan sepatu terlalu kasar atau karena kulit kita memang sensitif.

Dikutip dari laman prevention.com, kaki lecet karena sepatu bisa terjadi pada kulit bagian belakang, pada jari kelingking, pada jari jempol atau pada samping kaki. Para peneliti dari Stanford University School of Medicine menyebutkan bahwa hampir 23% orang yang memakai sepatu baru dan berjalan-jalan lebih dari 2 jam mengalami kaki lecet atau luka.

Untuk mencegah kaki lecet akibat sepatu atau hal lainnya, para peneliti menyarankan agar kita memakai plester sebelum memakai sepatu. Plester sendiri bisa didapat di toko-toko terdekat atau apotek terdekat. Menurut para ahli, memakai plester ini bisa menurunkan risiko kaki lecet akibat gesekan yang terjadi antara kulit dan sepatu.

Hibah Lipman, MD seorang ahli kesehatan kulit serta penulis penelitian tentang kulit mengungkapkan jika pemakaian plester adalah cara termudah dan termurah untuk menghindari kaki lecet akibat penggunaan sepatu baru. Jika pun tak mau memakai plester, disarankan agar kita memakai kaos kaki. Lipman mengatakan, "Menempatkan plester di kaki yang berpotensi bergesekan dengan sepatu akan menurunkan risiko kaki lecet. Pemakaian plester juga akan mencegah terjadinya iritasi pada kulit akibat penggunaan sepatu baru."

"Biasanya, kaki yang lecet karena sepatu akan terjadi di tempat yang sama selama beberapa waktu. Jika hal ini tidak diatasi atau dicegah dengan baik, ini bisa saja menyebabkan kondisi kesehatan kulit yang lebih buruk." Tambahnya.

Selain memakai plester, Lipman dan peneliti lain menyarankan agar kita rutin merawat kulit dengan lotion atau pelembab kulit. Lotion ini sendiri bisa berupa lotion produk kosmetik atau lotion dari bahan alami. Di samping fungsinya yang melembutkan kulit, lotion juga akan mencegah kulit dari masalah kapalan, masalah mudah mengalami iritasi hingga masalah kulit kering dan kusam.

Well, itulah cara agar kulit kaki tidak lecet saat memakai sepatu baru atau segala jenis sepatu yang berpotensi menimbulkan lecet. Gimana, sangat mudah bukan? Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading