Sukses

Beauty

Wortel, Baik Buat Mata dan Bisa Mencegah Kanker Payudara

Apakah kamu suka makan sayur wortel? Jika iya, beruntunglah kamu. Pasalnya, wortel tak hanya baik buat kesehatan mata saja lho. Lebih jauh, sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa wortel bisa mencegah risiko kanker payudara. Tak hanya itu saja, sayur berwarna oranye cerah ini juga mampu menurunkan risiko kanker payudara hingga 60 persen.

Dikutip dari laman dailymail.co.uk, wanita yang mau mengonsumsi wortel secara rutin setiap hari bisa terhindar dari risiko kanker khususnya kanker payudara. Mengonsumsi wortel sendiri bisa dilakukan dengan konsumsi secara langsung, dijus atau dimasak sebagai sup. Para ahli mengatakan jika kandungan beta-karoten yang tinggi di dalam wortel lah yang dipercaya bisa membuatnya sangat baik untuk mencegah pertumbuhan dan perkembangan sel kanker dalam tubuh.

Selama bertahun-tahun, para ahli menyarankan agar seseorang mengonsumsi wortel sebagai menu diet sehat. Dibandingkan dengan sayur lain, wortel dipercaya sangat rendah zat kimia di dalamnya. Sebuah hasil study yang diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition mengungkap bahwa nutrisi berupa beta-karoten adalah salah satu nutrisi yang bisa menangkal kanker dengan sangat baik. Apalagi, jika nutrisi beta-karoten tersebut terdapat sayur dan buah yang berwarna cerah seperti wortel.

Sebelumnya, para peneliti telah meneliti lebih dari 58 ribu wanita di Inggris. Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa mereka yang menderita kanker dan kondisinya telah memprihatinkan adalah orang-orang yang nutrisi beta-karoten di tubuhnya rendah. Sementara itu, para peneliti yang tergabung dalam European Prosperctive Investigation into Cancer dan Nutrition menyebutkan bahwa kanker dan diet serta nutrisi beta karoten memiliki ikatan yang cukup erat. Mereka yang melakukan diet tepat, konsumsi beta-karoten cukup dan memiliki pola hidup sehat kemungkinan besar akan lebih rendah terserang kanker.

Tak hanya beta-karoten, nutrisi lain yang diperlukan tubuh agar terhindar dari kanker antara lain adalah vitamin C, antioksidan dan lycopene. Dr Richard Berks, seorang peneliti senior dari kantor komunikasi Breast Cancer Now mengungkapkan, "Kami sudah lama tahu bahwa wortel adalah salah satu menu diet yang sehat. Ia tak hanya kaya akan vitamin A yang baik buat mata saja. Lebih jauh, wortel juga kaya akan vitamin C dan beta-karoten yang bisa mencegah risiko kanker. Semua orang bisa terhindar dari risiko kanker payudara, kanker lain dan penyakit mematikan lain asalkan ia mau menjalani pola hidup sehat."

"Semua orang juga bisa menjadi lebih sehat selama orang tersebut memperhatikan setiap makanan dan minuman yang ia konsumsi. Selama nutrisi untuk tubuhnya seimbang, ia pun bisa terhindar dari kanker. Apalagi, jika ia mau membatasi dan mengurangi konsumsi alkohol." Tambah dokter Richard. Dengan adanya penjelasan ini, gimana nih. Apakah kamu yang nggak suka wortel masih ragu untuk konsumsi wortel. Percaya deh, wortel adalah sayuran yang enak dan kaya manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat. Jangan lupa buat rutin makan wortel dan miliki pola hidup sehat ya?

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading