Sukses

Parenting

Masalah-Masalah Ini Wajar Terjadi Saat Menyusui, Tak Perlu Khawatir Bunda

Tidak hanya selama masa kehamilan saja, selama masa menyusui pun Bunda sering mengalami gangguan kesehatan. Sebenarnya, Anda tidak perlu khawatir, karena masalah-masalah tersebut normal terjadi, dan seiring dengan berjalannya waktu, Anda akan mulai terbiasa dan tubuh Anda pun akan menyesuaikan diri.

Seperti dijelaskan dalam laman www.babycenter.co.uk, berikut ini adalah masalah-masalah selama masa menyusui yang normal terjadi. Yuk, simak Bunda.

  • Payudara bengkak. Produksi ASi yang melimpah selama Anda menyusui membuat kadar hormon prolaktin meningkat dan memberi rangsang kepada tubuh untuk terus memproduksi ASI. Alhasil, payudara terasa kencang dan membesar, bahkan terlihat seolah membengkak.  Tak perlu panik, solusi dari masalah ini adalah: susui si kecil sesering mungkin. Dengan menyusui si kecil sesering mungkin maka volume ASI di dalam payudara juga akan seimbang dan tidak akan membuat payudara Anda terlalu bengkak.
  • Puting datar. Hal ini disebabkan saluran susu lebih pendek dari biasanya dan menarik puting susu ke dalam.
  • Puting nyeri. Masalah ini bisa jadi muncul karena posisi menyusu yang salah atau si kecil hanya mengisap puting saja bukan aerola ibu. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa membenarkan posisi menyusu si kecil.
  • Saluran ASI tersumbat. Tersumbatnya saluran ASI biasanya ditandai dengan payudara yang terasa sakit, membengkak, dan ada bagian payudara yang mengeras. Cara mengatasi masalah ini cukup dengan terus menyusui si kecil dengan payudara yang salurannya tersumbat atau dengan mengompres payudara dengan air hangat.


Nah, itulah beberapa masalah yang normal terjadi selama masa menyusui. Semoga bermanfaat dan semakin menambah pengetahuan Anda ya, Bunda.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading