Sukses

Beauty

Jarang Disadari, Inilah 5 Penyebab Umum Dari Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit mematikan yang sampai saat ini telah banyak memakan korban jiwa. Tak hanya berisiko pada wanita dewasa, beberapa wanita muda bahkan anak-anak juga berisiko akan kanker payudara. Mengingat begitu berbahayanya, kanker ini, sangat disarankan bagi kita semua untuk selalu waspada dan mengetahui gejala kanker. Juga, kita sangat disarankan untuk mengetahui penyebab kanker payudara.

Apa sih penyebab kanker tersebut? Seperti dikutip dari laman webmd.com, adapun penyebab kanker payudara antara lain adalah sebagai berikut. Dan asal kita tahu saja, penyebab ini jarang kita sadari atau mungkin justru sering kali kita sepelekan.

    Perokok Pasif

    Bagi kamu yang tidak merokok, kamu tetap harus hati-hati dan waspada lho ya. Pasalnya, mereka yang tidak merokok atau hanya perokok pasif justru lebih rentan terhadap berbagai penyakit. Salah satu penyakitnya adalah kanker payudara. Para peneliti dari California Environmental Protection Agency menyebutkan jika perokok pasif berhubungan erat dengan jumlah penderita kanker yang terus meningkat setiap tahunnya.

    Pil Hormon

    Nah, jika kamu sering kali mengonsumsi pil hormon. Cobalah untuk menghentikan kebiasaan ini. Karena apa? Beberapa study mengungkapkan jika kandungan bahan kimia pada pil hormon rentang menyebabkan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Terutama, pertumbuhan sel kanker pada jaringan payudara.

    Pestisida

    Siapapun pasti tahu bahwa pestisida sangat tidak baik untuk kesehatan. Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Liverpool menyebutkan jika pestisida yang secara sengaja atau pun tidak, akan meningkatkan risiko kanker payudara. So, pastikan untuk selalu berhati-hati saat makan sayur, buah atau apapun yang mengandung pestisida ya?

    Bisphenol A (BPA)

    Untuk penyebab selanjutnya dari kanker payudara adalah bisphenol A (BPA). Apakah bisphenol tersebut? Perlu kita tahu, bisphenol A (BPA) ini adalah senyawa yang biasanya terkandung dalam peralatan rumah tangga atau peralatan makan yang berbahan plastik. Saat senyawa ini terkena panas berlebih, senyawa tersebut bisa menjadi senyawa sangat berbahaya yang kapan saja bisa dengan mudah masuk ke dalam tubuh hingga menyebabkan risiko kanker payudara.

    Paraben

    Satu lagi penyebab dari kanker payudara adalah senyawa bernama paraben. Paraben ini merupakan senyawa yang biasa ditemukan pada bahan kosmetik seperti shampo, pemutih wajah, pelembab wajah, deodorant, lotion atau lainnya. Beberapa penelitian mengungkapkan jika paraben bersifat meningkatkan risiko kanker payudara jika jumlahnya terlalu berlebihan.


Ladies, itulah beberapa penyebab umum dari kanker payudara. Selain penyebab di atas, penyebab lain adalah segala makanan dan minuman yang mengandung senyawa atau bahan kimia di dalamnya. Bahan kimia pada makanan atau minuman bisa berupa pengawet, pewarna, penyedap, pengharum dan masih banyak lagi. Agar kamu terbebas dari risiko kanker, khususnya kanker payudara, usahakan untuk memiliki pola hidup sehat, istirahat cukup, olahraga cukup dan jauhi segala hal yang bisa menyebabkan kanker.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading