Sukses

Lifestyle

Kesadaran Melawan Kanker Payudara Bersama Komunitas Lovepink Indonesia

Kanker payudara bisa menyerang siapa saja, tak hanya wanita, pria pun bisa terkena penyakit tersebut. Namun kesadaran masyarakat Indonesia terhadap kanker payudara masih sangat kurang, oleh karena itu komunitas Lovepink Indonesia hadir untuk memberikan edukasi dan dukungan bagi para survivor di seluruh Indonesia.

Komunitas ini pun merupakan perkumpulan para survivors dan warriors, yaitu para wanita dengan pengalaman kanker payudara dan mereka yang masih berjuang menjalani serangkaian perawatan. Namun, dengan semangatnya yang tinggi mereka ingin bersosialisasi dan memberikan edukasi dengan semua masyarakat, khususnya wanita.

Komunitas Lovepink saat melakukan edukasi di Universitas Indonesia, Depok | Photo: Copyright Doc Vemale.com

"Karena kami perlu memberikan dukungan dan semangat bagi para penderita kanker. Tujuannya adalah kami memberikan pendampingan kepada para survivor di saat mereka menjalankan terapi," kata Sandra Kaeni sebagai Breast Cancer Warrior saat ditemui pada Seminar Edukasi Breast Cancer Awareness di Universitas Indonesia Depok Rabu 18 November 2015.

"Sharing antara mahasiswa dengan ibu-ibu tentu berbeda, yang jelas bahasa harus diubah dan disesuaikan. Karena di Indonesia sendiri tabu dalam membicarakan payudara, tapi sekarang ini banyak anak mahasiswa yang sudah tahu mengenai medis dan informasi kesehatan payudara itu sendiri," tambahnya.

Edukasi tentang bahaya kanker payudara bagi wanita ataupun pria | Photo: Copyright Doc Vemale.com

Lebih lanjut Sandra menjelaskan, upaya lain yang dilakukan Lovepink adalah memperluas kesadaran akan pentingnya deteksi dini melalui edukasi dan sosialisasi, Lovepink pun juga mendedikasikan diri dalam bentuk pendampingan dan dukungan secara mental dan emosional bagi siapapun yang terkena kanker payudara.

"Laki-laki jarang sekali terkena kanker payudara, sehingga mereka tidak ada kekhawatiran untuk terkena, kemungkinan 100 banding 1 atau 1% laki-laki yang terkena kanker payudara. Seperti pak Willy Wahyudi ia survivor laki-laki yang ikut mengedukasi," ucap Sandra.

Perwakilan Komunitas Lovepink | Photo: Copyright Doc Vemale.com

Baginya, payudara itu berhubungan dengan hormon dan tingkat stres, maka dari itulah pola hidup harus diubah. Gaya hidup sehat merupakan cara yang tepat untuk mengobatinya, seperti berolahraga, tidak merokok, kurangi konsumsi alkohol dan menjaga berat badan serta pola makan. "Lovepink dapat menjadi wadah untuk saling mendukung agar setiap perempuan dengan kanker payudara melalui perjuangannya saling mengingatkan agar banyak perempuan di Indonesia yang terbebas dari kanker payudara," tutup Sandra.

Yuk Ladies, ikut berpartisipasi pula dalam melawan kanker payudara. Kita bisa melawan kanker payudara dengan menjaga pola hidup sehat. Jangan lupa pula untuk mengingatkan orang-orang tercinta (baik wanita atau pria) di sekitar kita agar selalu menjaga pola hidup sehat.



(vem/yun/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading