Sukses

Parenting

Makanan Pendamping ASI, Bikin Sendiri atau Beli Saja, ya?

Kapan waktu terbaik untuk memberikan makanan pendamping ASI untuk buah hati? Banyak ahli kesehatan anak yang menyarankan bahwa makanan pendamping ASI diap diberikan kepada buah hati yang sudah berusia 6 bulan ke atas atau ketika bayi sudah bisa duduk sendiri.

Makanan pendamping ASI ini penting untuk diberikan kepada si kecil mengingat di usianya yang semakin besar, ASI sudah tidak bisa lagi memenuhi semua kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh si kecil. Anak membutuhkan tambahan gizi dari luar, yaitu berupa makanan pendamping ASI.

Nah, apakah ladies akan membuat sendiri makanan pendamping ASI ataukah membeli instan, semuanya tergantung dari diri anda. Baik itu membuat sendiri atau membeli, ada keuntungan dan kerugian masing-masing yang perlu ladies pertimbangkan.

Seperti dikutip dari laman webmd.com, berikut ini adalah beberapa keuntungan membuat sendiri makanan pendamping ASI untuk buah hati anda.

Keuntungan pertama adalah ladies benar-benar tahu makanan apa yang masuk ke dalam tubuh buah hati anda. Berbeda dengan jika anda membelinya secara instan di pasaran, ladies tidak tahu, kan, jika mungkin ada beberapa bahan tambahan berupa pengawet dan pewarna yang terkandung di dalam makanan pendamping ASI yang anda beli.

Hal kedua yang menjadi poin plus dari membuat sendiri makanan pendamping ASI adalah ekonomis. Dibandingkan dengan membeli bubur instan, makanan pendamping ASI yang anda buat sendiri jauh lebih murah. Ladies tinggal membeli beberapa jenis sayur dan buah saja.

Next, ladies bisa memilih sendiri varian rasa makanan pendamping ASI yang ladies inginkan. Anda bisa memberikan berbagai jenis buah-buahan dengan aneka rasa dan warna untuk si kecil, sesuai dengan kreasi anda. Berbeda dengan jika ladies membeli bubur bayi, hanya ada beberapa rasa dan varian yang bisa anda pilih.

Manfaat berikutnya adalah ladies bisa membiasakan si kecil untuk makan makanan yang sama dengan anggota keluarga yang lain, hanya saja dalam bentuk yang lebih halus.

Di samping beberapa kelebihan yang ada, makanan pendamping ASI yang dibuat sendiri oleh ladies di rumah juga memiliki kekurangan. Kekurangannya di antaranya adalah sebagai berikut.

Kekurangan dari makanan pendamping ASI yang dibuat sendiri adalah ladies harus menyediakan banyak waktu untuk mempersiapkan bahan-bahan dan memasaknya. Berbeda dengan bubur instan yang siap disajikan dalam waktu singkat.

Selain itu, makanan pendamping ASi yang dibuat sendiri harus disimpan dengan baik. Agar makanan tidak cepat basi, maka ladies harus pintar-pintar dalam penyimpanannya. Taruh makanan di freezer dan panaskan kembali jika akan disantap oleh buah hati.

Oleh : Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading