Sukses

Beauty

Yuk Cegah Kanker Payudara dengan 8 Tips Praktis Ini!

Kanker payudara memang jadi momok bagi banyak wanita. Mendengar nama penyakitnya saja sudah bikin kita cemas. Tapi tak perlu khawatir berlebihan, Ladies. Ada sejumlah tips dan cara yang bisa Anda pilih untuk mencegahnya.

Dilansir dari fredhutch.org, ada delapan tips yang bisa Anda ikuti untuk mencegah kanker payudara. Yuk, kita simak uraian lengkapnya di bawah ini.

    Jaga Berat Badan

    Obesitas meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Jaga berat badan Anda. Jangan sampai kegemukan. Berusahalah untuk menjaga indeks massa tubuh di bawah 25.

    Konsumsi Makanan Sehat

    Pilih makanan yang kaya sayur dan buah. Kurangi konsumsi gula, karbohidrat olahan, dan makanan berlemak. Konsumsi protein tanlemak seperti ikan, dada ayam, dan daging merah segar. Ganti lemak hewani dengan lemak nabati.

    Selalu Bergerak Aktif

    Penelitian membuktikan bahwa dengan meningkatkan aktivitas fisik, meskipun dilakukan ketika sudah tak muda lagi, bisa meningkatkan risiko terkena kanker payudara sekitar 10-30 persen. Setidaknya lakukan olahraga ringan 30 menit jalan kaki lima kali dalam seminggu.

    Hindari Minuman Beralkohol

    Konsumsi alkohol berkaitan dengan tingginya risiko terkena kanker payudara. So, untuk lebih amannya, kita hindari minum minuman beralkohol, ya Ladies.

    Hindari Merokok

    Penelitian membuktikan bahwa merokok dalam jangka panjang bisa meningkatkan risiko terkena kanker payudara di sejumlah wanita.

    Menyusui

    Bagi Anda yang baru melahirkan, susuilah bayi Anda. Wanita yang menyusui bayinya selama sedikitnya setahun bisa mengurangi risiko terkena kanker payudara.

    Hindari Terapi Penggantian Hormon

    Terapi hormon menopause bisa meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Jika Anda harus menggunakan hormon untuk mengontrol gejala menopause, hindari yang mengandung progresteron dan batasi penggunaannya kurang dari tiga tahun.

    Lakukan Pengecekan Teratur

    Jangan sampai menunggu ada gejala baru ke dokter, ya Ladies. Sebaiknya lakukan pengecekan secara teratur dengan menghubungi dokter.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua. Yuk, kita mulai mengikuti gaya hidup sehat. Toh, nanti manfaatnya juga kita sendiri yang mendapatkannya.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading