Sukses

Beauty

Hati-Hati, Ear Candle Tidak Disarankan Untuk Membersihkan Telinga

Tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda mendengar kata ear candle. Treatment yang menawarkan cara membersihkan telinga ini merupakan perawatan daerah telinga dengan menggunakan lilin. Peralatan ear candle sendiri terdiri lilin dan kertas khusus.

Kebiasaan terapi pada telinga ini berasal dari India, hingga sekarang ini pun masyarakat India masih melakukan treatment tersebut dan juga di beberapa negara lainnya. Walau sedang nge-hits, namun perawatan ini malah tidak disarankan oleh dokter THT.

Ear candle apakah benar dapat membersihkan dan menyehatkan telinga Anda? Menurut Prof. Dr. Zainul A. Djafaar, spesialis THT menjelaskan bahwa perawatan ear candle yang dapat membersihkan telinga hanyalah mitos belaka. Tidak membersihkan justru malah membuat kotoran masuk ke dalam telinga.

"Telinga yang sehat tidak akan selalu ingin dikorek, jika merasakan gatal pasti ada sesuatu di dalam telinga. Eear candle tidak disarankan untuk membersihkan telinga, bukannya bersih malah bubuk kotorannya dari kertas itu masuk ke dalam telinga," ungkap Prof. Dr. Zainul A. Djafaar saat ditemui Vemale pada acara SOHO di RS Khusus THT Proklamasi Jakarta Pusat Kamis 5 Maret 2015 lalu.

Ia pun menegaskan bahwa ear candle tidak ada kaitannya dengan kebersihan dan kesehatan telinga. Sehingga Zainul menyarankan sebaiknya perawatan tersebut tidak dilakukan. Bila ingin membersihkan kotoran/cairan dalam telinga gunakan cotton bud saja, pilih teksturnya yang lembut dan lunak agar tidak membuat iritasi pada telinga.

"Ketika sudah merasakan ada yang aneh pada telinga, lebih baik datang kepada ahlinya yaitu THT agar mendapatkan penanganan. Ear candle saja di Amerika sudah dilarang," tutup Zainul.

So Ladies, bila Anda mempunyai agenda weekend ini untuk treatment ear candle, sebaiknya tidak dilakukan ya, agar telinga Anda tidak mendapatkan masalah lebih lanjut, seperti apa kata Prof. Dr. Zainul A. Djafaar, spesialis THT.

(vem/yun/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading