Sukses

Beauty

Apakah Hormon Anda Sudah Seimbang? Cek di Sini!

Ladies, apakah Anda pernah mengecek sebenarnya hormon dalam tubuh Anda itu seimbang atau tidak? Mungkin kita berpikir bahwa kita perlu ke rumah sakit untuk mengetahui jawabannya. Tapi sebenarnya ada cara yang lebih mudah lho. Apa itu? Yaitu memperhatikan sinyal-sinyal yang diberikan oleh tubuh.

Dilansir dari mindbodygreen.com, ada lima tanda yang bisa jadi sinyal bahwa hormon dalam tubuh kita sebenarnya tidak seimbang. Ini dia tanda-tandanya.


1. Mudah merasa lelah setiap saat.
2. Susah menurunkan berat badan (khususnya tubuh bagian tengah atau paha).
3. Bagi wanita, PMS terasa sangat menyiksa dan menyakitkan. Bagi pria, gairah seks yang kurang.
4. Mudah lapar dan tak bisa mengontrol diri untuk ngemil.
5. Merasa kembung dan susah buang air besar.

Apakah Anda menemukan tanda-tanda tersebut pada tubuh Anda? Jika iya, kini saatnya untuk menyeimbangkannya kembali. Seperti apa caranya? Yuk, langsung ikuti uraiannya di bawah ini.

1. Konsumsi Sayuran dari Kelompok Cruciferous
Cruciferous adalah nama ilmiah untuk kelompok sayuran seperti brokoli, kembang kol, dan kale. Sayuran ini bisa mengikat estrogen berlebih di usus dan mengeluarkannya. Selain itu, sayuran jenis ini juga memiliki kandungan yang disebut indole-3-carbinol (I3C) yang dapat membantu tubuh membentuk dan menguraikan estrogen. Untuk mendapatkan manfaat besarnya, usahakan untuk mengunyah sayuran ini sampai lembut sebelum ditelan. Dan pastikan bebas dari pestisida atau bahan-bahan kimia berbahaya yang lain, ya Ladies.

2. Dapatkan Hormon Tidur Ajaib
Tidur 7 hingga 9 jam bisa membuat tubuh melepaskan, menyeimbangkan, dan memperbarui hormon. Human growth hormone (HGH) atau hormon pertumbuhan manusia diproduksi saat kita berada dalam kondisi tidur tahap 3, ketika otak kita memproduksi gelombang gerak yang lebih lambat dan respon kita akan rangsangan luar jadi semakin berkurang. Hormon ini juga disebut sebagai hormon awet muda ajaib. Jadi, kalau kita kurang tidur, maka produksi hormon pertumbuhan manusia tak maksimal. Wah, jangan sampai gara-gara kurang tidur, kita nanti jadi cepat tua.

3. Selalu Luangkan Waktu untuk Relaksasi Diri
Latihan pernapasan, meditasi, yoga, dan kegiatan ibadah bisa jadi metode untuk membuat kita rileks setiap hari. Hormon kortisol dan hormon stres bisa mengacaukan hormon lainnya jika kita terus merasa stres atau depresi. Untuk memproduksi kortisol, tubuh kita akan “mencuri” hormon lainnya. Jadi, seberapa sibuk atau depresi diri Anda, selalu luangkan waktu untuk melakukan relaksasi, ya Ladies. Ketika pikiran tenang, tubuh pun nantinya akan teras lebih nyaman, kan?

Semoga informasi ini bermanfaat ya. Selalu perhatikan sinyal-sinyal yang diberikan tubuh, agar kita lebih mudah mendeteksi gangguan atau penyakit yang mungkin sedang mengintai kita. Keep positive and stay healthy!

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading