Sukses

Beauty

Tips Mengecek Payudara Sendiri Untuk Mencegah Kanker Payudara

Kanker dan tumor payudara memang menjadi salah satu penyakit yang mengincar banyak wanita modern. Di bulan Breast Cancer Awareness ini, tak ada salahnya untuk mencoba mengecek payudara Anda. 

Takut? Jangan khawatir. Deteksi dini jauh lebih baik daripada Anda terlambat mengetahuinya. Beberapa waktu lalu seorang wanita menjadi sukarelawan untuk menunjukkan bagaimana caranya mendeteksi payudara secara mandiri. 

Dipandu oleh Dr. Hilary Jones, dilansir dari Dailymail, Anda bisa menggunakan cara ini untuk mengecek payudara Anda. 

  1. Letakkan tangan di pinggang dengan kondisi pundak rileks. 
  2. Yang perlu Anda cek adalah bagian payudara samping kiri dan kanan, atas dan bawah, di atas puting payudara dan area ketiak. 
  3. Pertama, cek dulu di sekitar permukaan, apakah ada benjolan yang terasa janggal. Cek perlahan dengan membedakan area payudara menjadi beberapa bagian seperti pada poin 2. 
  4. Setelah diraba dan tak ada yang janggal, Anda bisa mulai menekan sedikit untuk mengecek apakah ada benjolan di dalamnya. Terutama di ketiak. Karena beberapa kasus banyak terjadi dimulai dengan benjolan di area ketiak. 
  5. Setelah sampai di area puting, rasakan apakah ada benjolan di bagian bawah areola. 
  6. Perhatikan juga bila Ada tanda yang janggal seperti ruam, warna yang aneh, lecet, konsultasikan pada dokter Anda. 
  7. Kontur dan bentuk payudara juga perlu diperhatikan, apakah mengalami perubahan dan ada dorongan dari dalam yang menimbulkan bentol atau sejenisnya. 

Bila terjadi keanehan dalam payudara Anda, konsultasikan pada dokter. Tak perlu terlalu cemas karena dokter akan menganjurkan beberapa cara untuk menanggulangi semisal terjadi masalah pada payudara Anda. 

Datangi beberapa dokter agar Anda mendapatkan hasil yang jelas. Bila Anda ingin mencegah, kurangi stres, lakukan gaya hidup sehat dan olahraga. 

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading