Sukses

Beauty

Kenali Apa Itu Kanker Hati (part 3)

Peran hati bukan hanya menyaring darah yang mengalir di sekujuh tubuh Anda, namun juga merupakan organ yang akan mengubah nutrisi dan menyaring berbagai macam obat agar dapat digunakan oleh tubuh.

Itulah mengapa, kesehataan hati juga perlu dijaga, jika tidak, bukan tidak mungkin Anda akan terserang kanker hati atau disebut juga dengan hepatocellular carcinoma. Berdasarkan kutipan www.webmd.com, ada beberapa faktor penyebab Anda bisa terserang kanker hati, di antaranya adalah

1. Jenis kelamin

Umumnya, lelaki memiliki kecenderungan lebih besar mengalami kanker hati berupa karsinoma hepatocellular dan sirosis daripada wanita.

2. Berat badan

Maslah berat badan selalu menjadi fator pendukung semua penyakit, tidak terkecuali dengan kanker hati. Kasus obesitas dapat meingkatkan potensi karsinoma hepatocellular atau kanker hati.

3. Ras

Jika Anda merupakan bangsa atau ras Kaukasia, maka Anda memiliki risiko lebih besar daripada orang dengan ras lain. Untung saja orang Indonesia merupakan bangsa Asia ang kebanyakan merupakan ras Mongolian sehingga memiliki kemungkinan lebih kecil.

4. Penggunaan steroid anabolik

Banyak atlet yang ‘tidak jujur’ dengan bentuk otot mereka. Bukannya mendapatkan otot dengan olahraga saja, ada yang menggunakan obat steroid untuk membesarkan otot. Penggunaan obat ini dapat memicu terjadinya kanker hati, apalagi jika digunakan jangka panjang dan berkali-kali.

5. Riwayat diabetes

Anda dengan riwayat penyakit diabetes memiliki hubungan erat dengan kanker hati. Hal ini mungkin disebabkan oleh adanya penyakit hati berlemak, atau karena fungsi hati menurun karena terlalu banyak kadar gula dalam darah.

Oleh: Anindya Febi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading