Sukses

Beauty

Jamur, Sehatkah Untuk Diabetes?

Anda pasti tidak asing dengan bahan makanan bernama jamur, bukan? Anda mungkin sering mengonsumsinya karena tekstur jamur yang kenyal nan lezat. Namun apakah jamur baik dikonsumsi para penderita diabetes?

Mengapa tidak, seperti dikutip dari www.stylecraze.com, jamur merupakan salah satu makanan kaya nutrisi yang memiliki indeks glikemik sangat rendah sehingga sangat baik dikonsumsi untuk penderita diabetes. Bahkan banyak dokter yang mungkin menyarankan penderita diabetes makan jamur karena bukan hanya GI nya saja yang rendah, namun juga kaya serat sehingga baik untuk pencernaan.

Serat dalam jamur mampu menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi dan secara otomatis juga dapat menjaga kadar gula darah. Jamur juga merupakan sumber potasium yang tinggi dengan natrium yang hampir tidak ada sama sekali. Beberapa jamur yang baik untuk diabetes antara lain adalah

1. Jamur kancing
Jamur kancing, berbadasarkan sebuah penelitian, mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan secara perlahan menurunkan kadar gula darah.

2. Jamur kuping putih
Jamur ini sering dijual dalam bentuk kering dan jika ingin mengolahnya, Anda bisa merendamnya dulu dalam air hangat agar lunak. Jamur ini memiliki serat yang tinggi sehingga juga sangat baik menyerap kolesterol dan menurunkan indeks glikemik darah. Bahkan jamur putih ini ampuh menyembuhkan luka.

3. Jamur maitake
Jamur maitake ini sejenis jamur Jepang, dan Anda juga bisa mendapatkannya dalam bentuk kering. Jika mungkin Anda juga bisa menemukannya di supermarket dalam bentuk segar seperti jamur lainnya.
Jamur ini mampu menurunkan kadar glukosa.

4. Jamur reishi
Jamur ini memang merupakan jamur yang sering dijadikan obat dalam pengobatan China dan banyak sekali manfaatnya, termasuk menjaga dan menurunkan kadar gula darah sehingga lebih stabil. Bukan hanya itu, jamur reishi juga mampu memperkuat sistem imun tubuh dan menjauhkan Anda dari berbagai penyakit. Namun mungkin Anda jarang menemukannya dijual bebas di pasar.

Jadi, jika Anda salah satu yang memiliki risiko tinggi diabetes, makan jamur mulai dari sekarang juga tidak masalah Ladies untuk mencegah diabetes berkembang.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading