Sukses

Beauty

Penyebab Penyakit Tumor Ganas (Bagian 5)

Ladies, penyebab penyakit tumor diketahui karena terjadinya perubahan DNA yang kemudian dapat merusak perkembangan sel-sel yang tidak semestinya, bahkan bisa berkembang menjadi kanker atau tumor ganas.

Melangsir dari cancer.org, tumor ganas atau kanker disebabkan oleh perubahan dalam DNA sel-sel yang abnormal, DNA ini akan berkembang dalam suatu gen. Genetik ini dapat diwariskan dari orang tua ke anaknya, sedangkan yang lain disebabkan oleh eksposur luar , atau yang sering disebut dengan faktor lingkungan.

Ladies, beberapa faktor lingkungan tersebut meliputi :

Faktor gaya hidup ( gizi, pengguaan tembakau, aktivitas fisik, dll )

Faktor alami ekposur ( sinar ultraviolet, gas radon, infeksi, dll )

Perawatan medis ( kemoterapi, radiasi, sistem obat dalam penekanan kekebalan tubuh )

Ekposur tempat kerja

Eksposur rumah tangga

Polusi

Ladies, bahan dan eksposur yang dapat menyebabkan kanker disebut dengan karsinogen. Beberapa karsinogen tidak dapat mempengaruhi DNA secara langsung saat memicu tumbuhnya kanker, tetapi, memicu tumbuhnya kanker dengan cara lain.

Sebagai contoh karsinogen dapat menyebabkan membelahnya sel-sel kulit terlalu cepat lebih dari yang normal, hal ini dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya perubahan DNA pada kulit yang kemudian menjadi kanker.

Karsinogen tidak menyebabkan kanker pada setiap kasus. Diketahui bahwa zat kimia inilah yang dicap sebagai karsinogen yang memiliki potensi penyebab kanker.Beberapa karsinogen dapat menyebabkan kanker hanya karena terus terpapar oleh karsinogen yang telah berkepanjangan.

Dan untuk orang-orang tertentu, resiko mengembangkan kanker tergantung pada benyak faktor, termasuk bagaimana dapat orang tersebut terkena karsinogen, panjang dan intensitas paparan serta genetik seseorang.

Oleh  M. S. Rizal

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading