Sukses

Parenting

Tips Menyusui Bayi Menggunakan Botol Bagi Pemula

Memberikan asupan gizi pada bayi dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu caranya dalah dengan memberikan susu. Pemberian susu kepada bayi dapat dilakukan langsung dari payudara ibu atau menggunakan botol.

Bagi Bunda yang menggunakan botol untuk menyusui si kecil, tentunya Anda harus memperhatikan beberapa hal penting terkait kebersihan dan cara menyusuinya. Dilansir oleh babycenter.com, berikut tips menyusui bayi menggunakan botol yang dapat Anda praktikkan di rumah:

  • Cuci dan sterilisasikan botol beserta dotnya sebelum digunakan. Caranya adalah dengan memanaskannya dalam air panas selama 5 menit.
  • Hangatkan botol susu dalam mangkuk berisi air hangat. Pastikan suhunya tidak terlalu panas bagi bayi Anda dengan cara menguji suhu isinya di pergelangan tangan bagian dalam.
  • Jangan memanaskan susu beserta botolnya langsung menggunakan microwave karena microwave akan memanaskan bahan plastik botol yang berbahaya untuk kesehatan.
  • Ambillah posisi duduk yang nyaman dengan bayi Anda dan jangan lupa sediakan lap lembut untuk mengusap sisa-sisa susu di mulut bayi
  • Gunakan bantal atau lengan Anda untuk menjaga kepala bayi tetap nyaman sementara tangan yang lain memegang botol susu
  • Jika bayi Anda rewel selama sesi menyusui, berhentilah sejenak dan bantulah bayi untuk bersendawa. Bisa jadi si kecil merasa tidak nyaman atau terlalu kenyang.

Menyusui adalah momen yang berharga karena dapat mendekatkan ibu dan anak. Bagaimana pun cara yang ditempuh, jadikan momen ini sebagai momen yang menyenangkan ya, Bunda. Semoga berhasil.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading