Sukses

Beauty

Penyembuhan Alternatif Hambat Efek Buruk Treatment Kanker Payudara (1)

Baru-baru ini, sebuah studi mengungkap bahwa penyembuhan alternatif ternyata sangat berguna untuk mereka yang sedang menjalani terapi dan treatment kanker payudara. Sebagaimana diulas pada laman psychcentral.com, akupuntur yang dilakukan secara bertahap ternyata bisa mencegah efek samping yang muncul dari pengobatan kanker payudara. Bagaimana bisa?

Para peneliti mengungkapkan bahwa metode akupuntur ternyata bisa membantu menetralkan bahan kimia yang menumpuk di dalam tubuh sebagai akibat dari proses kemoterapi kanker payudara. Tentu saja akupuntur ini tidak dilakukan dengan asal-asalan. Ada beberapa titik yang ditusuk dengan jarum kecil, dan lokasinya hanya diketahui oleh orang-orang yang ahli di bidangnya.

Tusukan jarum itu dikabarkan bisa memicu produksi zat dalam tubuh yang berguna untuk memerangi dampak buruk dari treatment tersebut. Terapi kanker payudara sendiri memang melibatkan obat bernama aromatase inhibitors (AI) yang memang berguna untuk melawan sel kanker, namun juga punya dampak yang kurang ramah pada tubuh.

AI bekerja dengan menghambat perkembangan sel kanker yang sempat dibantai usai operasi, agar tidak berkembang biak lagi dalam tubuh. Namun dalam kenyataannya, ternyata AI juga menghambat sintesis estrogen pada pasien yang mengalami postmenopausal. Alhasil, pasien akan mengalami berbagai masalah di bagian otot, sehingga menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman. Bahkan kadang muncul rasa panas di bagian tertentu sebagai akibat dari reaksi AI.

Oleh: Pelangi Permatasari

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading