Sukses

Parenting

Harus Ada yang Dikorbankan dalam Hamil Menyusui

Kenyataannya, tidak banyak ibu yang ingin hamil meski masih menyusui. Selain menyiksa, untuk hamil pun ribet dan susah. Tak hanya itu, Bunda, ketika sudah hamil pun ibu harus menyadari harus ada yang dikorbankan.

Ketika Anda memutuskan untuk hamil, Anda telah sepakat dengan berbagai kemungkinan-kemungkinan secara teori yang akan terjadi saat Anda hamil sambil menyusui. Tanpa disadari, harus ada yang dikorbankan demi kebaikan semuanya.

Seperti yang dilansir oleh laman breastfeedingquest.com, seorang ibu yang ingin hamil meski masih menyusui harus rela mengurangi jatah minum ASI bayinya, terutama pada malam hari. Lebih tepatnya, ibu harus rela untuk tidak memberikan ASI eksklusif bagi bayinya.

Alasannya adalah karena ketika malam hari adalah saat yang paling tepat untuk menghentikan atau menahan produksi hormon prolactin. Hormon tersebut sangat berpengaruh dalam menghalangi proses pembuahan (ovulasi). Dengan demikian, sirkulasi menstruasi akan terjadi lagi.

Untuk itu, Bunda, jika bayi Anda masih dalam masa sangat membutuhkan ASI, sebaiknya Anda menahan terlebih dahulu keinginan untuk hamil, ya. Meski banyak juga ibu di luar sana yang telah berhasil melakukannya, kesehatan bayi menjadi taruhannya.

Namun Bunda, secara alamiah tubuh Anda akan melindungi Anda sekaligus bayi Anda dari kekurangan nutrisi karena memutuskan untuk hamil. Untuk itu, sebaiknya Anda tidak memaksakan diri untuk hamil, ya Bunda.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading