Sukses

Parenting

Inisiasi Menyusui Dini Baik Untuk Ibu dan Bayi

Sekarang ini, inisiasi menyusui dini adalah suatu hal yang populer dilakukan di dalam proses setelah persalinan. Mengingat banyaknya manfaat yang dihasilkan oleh inisiasi menyusui dini, hampir semua ibu yang melahirkan melakukan hal tersebut.

Pada dasarnya, inisiasi menyusui dini tidak hanya bagus untuk kesehatan bayi, namun juga bagus untuk ibu dan hubungan antara ibu dan anak.

Mengapa bisa demikian? Dilansir dari howbreastfeeding.blogspot.com, hal-hal yang dilakukan ketika proses inisiasi menyusui dini sangat mendekatkan ibu dan anak.

Bayi yang baru saja lahir ke dunia, setelah dikeringkan bagian-bagian tertentunya, langsung ditaruh di atas kulit ibunya. Bayi akan merasa hangat dengan merasakan suhu tubuh ibunya.

Secara psikologis, anak dan ibu akan merasa tenang karena telah secara langsung bersentuhan. Hal ini juga berpengaruh terhadap fisiknya yaitu bayi akan dengan lancar bernafas dan detak jantungnya lebih beraturan. Terlebih lagi, bayi tidak akan mudah cerewet ketika sudah bersentuhan langsung dengan ibunya.

Nah, dari sinilah ikatan anak dan ibu terjalin. Dari kasih sayang ibu yang terasa ketika bersentuhan dengan bayinya untuk pertama kalinya, dan kehangatan yang dirasakan oleh bayi serta rasa aman yang membuat ikatan semakin erat dan baik.

Ditambah lagi bayi yang sudah merasakan air susu ibu pertama kalinya, pasti akan lebih terikat hubungannya dengan ibunya karena secara biologis, anak akan selalu meminta untuk menyusu jika sudah melakukan proses inisiasi menyusui dini.

Oleh: Raisa Fadilla

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading