Sukses

Beauty

Cara Terhindar Dari Kanker Payudara Sejak Dini

Kanker payudara, momok wanita yang mematikan dan mengancam jiwa. Tak sedikit jiwa yang akhirnya gugur karena serangan penyakit satu ini.

Sekalipun di riwayat keluarga Anda tak pernah ada yang mengalaminya, kanker payudara tetap bisa mengancam setiap wanita. Penyebab kanker payudara ini berbagai hal, tidak hanya disebabkan gen semata.

Gaya hidup yang tidak sehat, kegemukan, semua hal bisa mempengaruhi kemunculan penyakit ini. Untuk mencegahnya, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan sejak dini. Seperti dilansir Boldsky.com, inilah beberapa hal tersebut:

Jaga berat badan ideal

Wanita yang cenderung mengalami kanker payudara adalah yang memiliki problem berat badan. Di usia berapapun, usahakan untuk selalu menjaga berat badan ideal. Indeks massa tubuh juga disarankan tetap berada di bawah angka 25.

Tambahkan menu sayur dan buah-buahan

Menghitung kalori makanan bukanlah karena sok-sokan atau karena hanya ingin tetap langsing. Pentingnya mengendalikan asupan kalori harian ini juga demi meningkatkan asupan lain seperti antioksidan sehingga kanker bisa dikendalikan.

Memakai bra yang tepat

Resiko kanker payudara juga diperbesar dengan pemakaian bra yang kurang tepat. Bra yang terlalu ketat dan tidka nyaman dapat menyebabkan kulit sulit bernapas.

Mengecek history kesehatan keluarga

Adanya keluarga yang pernah menderita kanker payudara memang cukup berpengaruh. Penelitian mengatakan bahwa 10% dari penyakit kanker payudara di dunia ditransfer secara genetik.

Menghindari alkohol

Mengonsumsi alkohol berkaitan dengan peningkatan resiko kanker payudara. Wanita disarankan menghindari atau membatasi asupan di bawah porsi yang disarankan.

Menyusui

Bagi bumil, disarankan untuk memberikan ASI pada anak. Menyusui sudah terbukti dapat menurunkan resiko kanker payudara di kemudian hari, karena dapat menyeimbangkan kadar estrogen wanita.

Berolahraga

Hormon estrogen yang terlalu tinggi dapat bermutasi menjadi sel kanker. Inilah sebabnya Anda juga disarankan selalu berolahraga setiap hari setidaknya 30 - 45 menit.

Mengecek tubuh

Lakukan pengecekan secara teratur dengan meraba bagian payudara dalam kondisi telentang. Apabila ada benjolan mencurigakan yang Anda temukan, konsultasi dan periksakan diri Anda ke dokter.

Tak perlu takut apabila Anda memang menemukan benjolan tersebut di payudara Anda. Semakin cepat Anda melakukan pemeriksaan, semakin cepat pula penyakit dapat ditangani.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading