Sukses

Beauty

Mengenal Lada Hitam Yang Kaya Manfaat

Lada hitam tak terlalu populer digunakan sebagai bumbu dalam masakan di Indonesia. Namanya jauh lebih populer ditemukan pada menu-menu kontinental, di mana rasa pedasnya ternyata tak hanya sekedar perasa saja.

Lada hitam digunakan sebagai bumbu masakan karena punya banyak khasiat kesehatan dan manfaat baik bagi tubuh dan kecantikan. Mungkin Anda tak banyak tahu akan khasiatnya, tetapi mulai kini Anda bisa menjadikannya sebagai salah satu bumbu menu masakan Anda, setelah membaca beberapa fakta kesehatan lada hitam berikut ini.

Dikutip dari Boldsky.com, lada hitam ampuh untuk:

Mencegah kanker

Studi di Michigan Cancer Center mengatakan bahwa lada hitam memberikan reaksi baik bagi penyembuhan kanker payudara. Di dalamnya ditemukan zat yang disebut piperine dan fungsinya membantu mencegah perkembangan sel kanker payudara.

Selain itu, lada hitam juga mengandung vitamin C, vitamin A dan flavonoid serta karoten dan aneka antioksidan lain yang akan membantu mengatasi radikal bebas pada tubuh.

Mengatasi problem pencernaan

Problem pencernaan yang kerap dialami sehari-hari seperti kembung, susah buang air besar, diare, atau mual bisa diatasi dengan mengonsumsi lada hitam. Cukup dicampurkan sedikit saja sebagai bumbu dalam masakan, ia akan membantu meredakan problem pencernaan dalam waktu yang cukup singkat.

Penurunan berat badan

Siapa sangka bahwa lada hitam juga dapat membantu menurunkan berat badan. Menurut penelitian, adalah phytonutrient yang ada di dalam lada hitam yang membantu menghancurkan sel-sel lemak yang ada di dalam tubuh.

Mencegah jerawat

Lada hitam dapat dijadikan masker alami yang ampuh mengatasi berbagai problem kulit. Sebagai scrub, ia mampu mengenyahkan sisa-sisa sel kulit mati, memperlancar jalan oksigen di dalam kulit, menutrisi kulit serta berlaku sebagai antibakteri penyebab jerawat.

Mengurangi ketombe

Sifatnya yang antibakteri dan anti peradangan dapat membantu membunuh bakteri penyebab infeksi pada kulit kepala. Inilah sebabnya ia juga ampuh mencegah pertumbuhan ketombe yang sangat mengganggu dan memberikan rasa gatal berlebihan pada kepala.

Membantu penyembuhan demam dan flu

Sedang merasa demam dan flu? Sediakan semangkuk sup hangat yang ditaburi dengan lada hitam. Makan selagi hangat dan tidur dengan lebih nyenyak. Bumbu yang satu ini dapat melegakan hidung dan tenggorokan, serta membuat tubuh lebih rileks dan tidur nyenyak.

Sedemikian banyak manfaat lada hitam bagi kesehatan dan kecantikan. Tak ada ruginya deh kalau Anda menyediakannya dan menggunakannya sebagai bumbu masakan di rumah.

 (vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading