Sukses

Lifestyle

Suntik Puting, Metode Baru Yang Efektif Mengobati Kanker Payudara

Bulan Oktober diperingati sebagai bulan kanker payudara. Kanker payudara adalah salah satu penyakit yang telah membunuh banyak wanita. Ada ratusan ribu wanita yang terjangkit penyakit mematikan ini setiap tahunnya. Bila dulu kanker payudara selalu diidentikkan dengan keturunan, maka saat ini gaya hiduplah yang menjadi penyebab kanker ini.

Penyakit ini memang bisa disembuhkan dengan kemoterapi. Kemoterapi sudah menjadi cara umum untuk menyembuhkan kanker. Tidak hanya kanker payudara saja, tapi jenis kanker lainnya juga bisa disembuhkan dengan cara ini. Namun seperti pengobatan lain, kemoterapi ini juga mempunyai efek samping.

Beberapa wanita penderita kanker payudara sering mengeluh tentang efek samping kemoterapi ini. Kemoterapi tidak hanya menyerang sel kanker saja, tetapi dia juga akan menyerang sel tubuh yang masih sehat seperti yang dilansir oleh Merdeka.com (9/10).

Hal ini membuat peneliti berusaha mencari cara lain untuk mengobati kanker payudara. Peneliti sedang mengembangkan obat yang disuntikkan langsung melalui puting untuk mengobati kanker mematikan ini. Tujuan dari suntik ini adalah agar obat ini menyerang sel kanker saja dan tidak merambat ke daerah lain yang masih sehat.

Suntik pada puting tersebut juga diharapkan bekerja lebih efektif kepada sel kanker saja. Suntik ini tidak akan bekerja layaknya kemoterapi dan tidak akan diserap oleh sel yang masih sehat. Selain itu suntik ini tidak akan merusak hati seperti yang terjadi pada kemoterapi.

Hasil penelitian ini dilaporkan dalam Journal of Visualised Experiments. Saat ini penelitian tentang suntik ini masih berlanjut. Para peneliti masih melakukan uji coba pada tikus laboratorium. Nantinya jika berhasil, uji coba akan dilakukan kepada manusia.

Peneliti berharap bahwa dalam 40 tahun ke depan, pengobatan untuk kanker akan berjalan dengan sangat efektif. Namun yang terpenting saat ini adalah dengan mencegah hal itu terjadi pada diri kita. Pencegahan ini adalah dengan cara menjalani hidup yang sehat, rajin berolahraga dan menghentikan kebiasaan buruk seperti minum alkohol dan merokok. Bagaimanapun juga, mencegah lebih baik daripada mengobati lho ladies.

 

(vem/sir)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading