Sukses

Beauty

Penyebab Kanker Serviks

Di Inggris setiap tahunnya diprediksi ada 3400 wanita yang mengidap kanker serviks. Secara umum, 2 dari 100 kasus penyakit kanker yang terjadi pada wanita adalah kanker serviks. Dan yang lebih parah lagi, tidak seperti kebanyakan kanker yang cenderung menyerang usia menopause, kanker serviks paling banyak ditemukan terjadi pada wanita dibawah usia 35tahun.

Oleh karena ancaman bahaya yang ditimbulkan, para wanita wajib waspada terhadap penyakit kanker ini. Salah satu cara mewaspadai penyakit mematikan ini adalah dengan mengetahui faktor penyebab dari kanker serviks. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab kanker serviks seperti yang dilansir pada situs cancer.org.

- HPV

Faktor penyebab kanker serviks yang paling utama adalah infeksi dari HPV. HPV adalah virus yang menyebabkan tumbuhnya benjolan yang kemudian berkembang menjadi kanker.

- Merokok

Seorang wanita yang merokok memiliki risiko 2 kali lipat lebih besar terkena kanker serviks. Hal itu disebabkan oleh racun yang terkandung dalam rokok yang kemudian mengalir melalui darah dan tersebar ke seluruh organ tubuh.

- Pil KB

Belum diketahui benar bagaimana pil KB dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker serviks. Namun, sebuah penelitian menemukan fakta bahwa konsumsi pil KB dalam jangka panjang terbukti berpengaruh bagi risiko para wanita terkena kanker serviks.

- Diet Ketat

Diet dengan tujuan mendapatkan bentuk tubuh yang proporsional pun bisa menyebabkan kanker serviks jika Ladies tidak benar mengatur pola makan.

- Faktor keturunan

Sama seperti jenis kanker lainnya, kanker serviks juga terpengaruh faktor keturunan. Seorang wanita dengan riwayat keluarga pernah terkena kanker memiliki risiko hingga 3 kali lebih besar terserang kanker yang sama.

Semoga bermanfaat.

Marintan Widi Lestari

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading