Sukses

Beauty

Makanan Ini Ampuh Cegah Kanker Serviks

Kanker serviks adalah jenis kanker yang paling banyak menyerang wanita. Di tahun 2009 saja, diprediksi kanker serviks menyerang lebih dari 11000 orang wanita dan 4000 diantara mereka didiagnosa meninggal akibat penyakit ini. Menakutkan bukan Ladies?

Kanker serviks adalah kelainan yang terjadi pada serviks atau saluran kandungan. Kelainan itu bisa diakibatkan oleh banyak hal. Namun, pada kasus kanker serviks, kelainan pada serviks terjadi akibat infeksi virus HPV (human papillomaviruses).

Meskipun kanker serviks bersifat mematikan dan telah menjadi mimpi buruk banyak wanita, bukan berarti penyakit ini tidak bisa dicegah lho Ladies. Berikut ini adalah beberapa pola makan yang dapat melawan risiko kanker serviks yang dilansir oleh healwithfood.org.

1. Makanan rendah gula

Beberapa penelitian telah mengungkapkan hubungan antara meningkatnya risiko kanker akibat kadar gula dalam darah yang tinggi. Oleh karena itu, Anda wajib membatasi konsumsi karbohidrat yang tinggi akan glukosa.


2. Cukupi asupan vitamin C dan E

Vitamin C dan E adalah 2 jenis vitamin yang berperan penting dalam menjaga sistem kekebalam tubuh. Jika sistem kekebalan tubuh atau imunitas seseorang bagus, hal itu akan mengurangi risiko dia terserang kanker.


3. Kurangi lemak hewani

Bahan makanan yang mengandung lemak hewani seperti daging dan susu terbukti memiliki kandungan Arachidonic acid. Dalam beberapa penelitian, zat tersebut terbukti sebagai pemicu penyebaran sel kanker dan perusak sel imun manusia.


4. Penuhi kebutuhan Zinc

Zinc adalah mineral yang sangat dibutuhkan tubuh untuk memproduksi ratusan enzim dalam tubuh. Dengan tercukupinya kebutuhan zinc, maka produksi enzim penyokong sistem kekebalan tubuh pun lancar, menyebabkan daya tahan tubuh seseorang maksimal.

Dengan selalu memperhatikan apa yang kita makan dan mengikuti pola hidup sehat, niscaya risiko terserang berbagai penyakit mematikan akan berkurang.

Marintan Widi Lestari

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading