Sukses

Beauty

Apakah Kanker Serviks Menular?

Kanker serviks adalah kanker yang timbul di bagian leher rahim akibat pengaruh beberapa hal, salah satunya akibat infeksi HPV (human papillonviruses). Nah, karena jenis kanker ini disebabkan oleh virus, timbul satu pertanyaan bahwa apakah kanker ini bersifat menular sama dengan penyakit HIV AIDS?

Menurut wisegeek.com, tidak ada satu pun jenis kanker yang menyerang manusia bersifat menular. Penyakit kanker yang menyerang pada dasarnya timbul akibat adanya kelainan pada genetika manusia atau pengaruh perubahan hormon. Jadi, seperti kanker lainnya, kanker serviks pun tidak menular.

Namun, ada yang membedakan kanker serviks dengan jenis kanker lainnya seperti kanker payudara atau kanker darah, yaitu faktor risiko kanker serviks juga timbul akibat infeksi virus. Hal itulah yang kemudian menimbulkan kebingungan pada masyarakat banyak. Apakah bisa seorang pria mengidap kanker akibat virus HPV yang dia dapatkan akibat berhubungan intim dengan pasangannya?

Jika ditarik kesimpulan dan disederhanakan, kanker serviks bukanlah penyakit menular. Namun, beberapa penyakit menular dapat menyebabkan kanker. Nah, jadi jika pasangan Anda membawa HPV, bisa jadi Anda mengidap penyakit kelamin menular yang kemudian berkembang menjadi kanker.

Fakta bahwa penyakit menular akibat virus dapat berkembang menjadi kanker itulah yang mengundang rasa penasaran para peneliti. Hingga saat ini para peneliti terus melakukan studi lanjutan untuk mengetahui keabsahan fakta tersebut serta untuk menemukan tindakan preventif untuk kanker serviks.

Marintan Widi Lestari

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading