Sukses

Beauty

Mitos Kanker Payudara, Kecantikan, dan Kehamilan

Ladies, apakah Anda pernah mendengar bahwa deodorant bisa menyebabkan kanker payudara? Hal tersebut ternyata hanyalah mitos. Berikut adalah mitos mengenai kanker payudara, produk kecantikan wanita, dan perawatan kehamilan, dilansir dari Wikipedia.org.

1. Bra
Beberapa orang percaya bahwa kanker payudara bisa muncul akibat terlalu lama menggunakan bra ketat. Faktanya, belum ada penelitian yang membuktikan rumor tersebut. Namun, sebuah peneltian menyebutkan bahwa bra bisa menyebabkan sakit punggung.

2. Deodoran
Nah, benda yang selalu kita usapkan pada ketiak kita digosipkan bisa memicu kanker payudara. Ladies, sampai sekarang masih banyak penelitian yang dilakukan guna membuktikan rumor itu. Naun belum ditemukan bukti.

Deodoran yang dipakai di ketiak ternyata mengandung aluminium untuk perspiran. Aluminium tersebut bisa meningkatkan jumlah produksi gen estrogen. Namun, pengaruh garam aluminium perspiran tersbeut hanya memiliki resiko rendah untuk meningkatkan resiko kanker payudara.

3. Perawatan kesuburan
Hingga saat ini, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa perawatan kesuburan bisa menyebabkan kanker payudara. Namun, jumlah estrogen yang meningkat akibat perawatan kesuburan bisa memicu pertumbuhan sel kanker.

4. Folic acid
Folat, yang selama ini disarankan untuk ibu hamil, ternyata juga diisukan bisa menyebabkan kanker payudara. Namun itu hanya isu. Folat ternyata secara ilmiah tidak menyebabkan kanker payudara.

5. Aborsi
Banyak yang percaya bahwa aborsi bisa memicu kanker payduara. Walaupun masih kontroversial, namun ada konsensis sains telah mengkonfirmasi bahwa aborsi pada trimester pertama tidak menyebabkan kanker payudara.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading