Sukses

Beauty

Bahan-Bahan Berkebun Berpotensi Sebabkan Kanker Payudara

Berkebun bisa menjadi salah satu kegiatan favorit Anda. Banyak yang bisa Anda dapatkan dari berkebun nih, Ladies. Misalnya halaman atau kebun yang indah di rumah, atau bahkan berkebun bisa menjadi salah satu kegiatan berolahraga yang menyenangkan. Hanya saja, Anda tetap perlu hati-hati dalam berkebun.

Kehati-hatian ini penting terutama jika Anda sering menggunakan berbagai bahan kimia untuk berkebun seperti semprotan pembasmi hama, pupuk, atau lainnya. Memang bahan-bahan tersebut ampuh untuk mengusir hama, membuat kebun terlihat lebih hijau, serta membuat bunga mekar lebih banyak.

Tapi perlu Anda ketahui juga bahwa bahan kimia yang terkandung pada bahan untuk berkebun juga dapat menimbulkan kanker pada manusia, seperti dilansir breastcancer.org. Hasil ini didapat dari sebuah penelitian yang bertujuan menguak pengaruh bahan kimia terhadap tubuh manusia.

Sayangnya, masih sulit untuk menentukan bahan kimia apa saja yang berpotensi sangat membahayakan karena dapat memicu berkembangnya sel kanker, terutama kanker payudara pada wanita. Seperti yang kita ketahui, bahan permbasmi hama atau pupuk kimia mengandung berbagai jenis bahan kimia yang dicampur menjadi satu. Inilah yang membuat peneliti kebingungan untuk menentukan bahan kimia yang paling berpotensi menyebabkan kanker.

Yang jelas nih, sebagian besar dari bahan kimia yang terkandung di semprotan pembasmi hama maupun pupuk kimia termasuk dalam bahan perusak fungsi hormon. Jika Anda terkena paparan bahan tersebut secara terus-menerus, bisa jadi hormon yang bekerja dalam tubuh tidak lagi normal dan menyebabkan adanya mutasi gen sehingga sel kanker payudara yang bersifat hormon reseptif dapat tumbuh di dalam tubuh. So, batasi penggunaan bahan-bahan kimia itu ya, Ladies.

Wahyu Wienanda

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading