Sukses

Beauty

Mengenal Metastasis Kanker Payudara pada Tulang II

Pada artikel sebelumnya, webmd.com menjelaskan bahwa pada beberapa kasus kanker termasuk kanker payudara stadium lanjut, sel-sel kanker yang ganas akan menyebar pada organ tubuh lainnya. Kanker payudara dan kanker prostat merupakan jenis kanker yang paling sering menyebar pada tulang. Paling tidak tulang menjadi tempat pertama penyebaran sebelum sel kanker menyebar lagi ke organ lain.

Perlu waktu yang cukup lama bagi para peneliti untuk mengidentifikasi proses penyebaran sel kanker pada tulang. Para peneliti menemukan bahwa proses penyebaran pada tulang merupakan proses yang rumit. Proses tersebut melibatkan tumor utama, darah atau limfa, dan juga tulang itu sendiri.

Proses penyebarannya adalah pertama-tama sel kanker menembus keluar tumor utama. Kemudian, sel kanker menuju tempat yang dituju melalui aliran darah atau aliran limfa. Tempat yang dituju dapat merupakan organ terdekat dari kanker utama atau tergantung pada aliran darah dan aliran limfa yang membawanya.

Setelah sampai pada target tujuannya, sel kanker tersebut akan berusaha sebisa mungkin untuk menghindari sistem imun. Sehingga ia akan berusaha sebisa mungkin untuk mengelabui sistem imun dengan berubah dalam berbagai bentuk. Jadi, penyebaran pada tulang terkadang akan berbeda dari sel kanker utama yang juga akan mempersulit pengobatannya.

Oleh: Lies Nureni

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading