Penderita Kanker Payudara yang Bertahan Hidup

Selasa, 16 Juli 2013 14:18

(c) shutterstock.com

Vemale.com - Siapa yang tidak langsung sedih dan pesimis ketika didiagnosa positif menderita kanker payudara? Wah, mungkin tidak usah ditanyakan lagi ya. Pasti sudah down sekali. Yang paling penting tetap positif thinking. Dan tetap berusaha untuk melakukan treatment sebagai upaya penyembuhan ya.

Nah, disinilah peran dokter untuk memberikan informasi yang lengkap sangat dibutuhkan. Memang sangat dibutuhkan informasi tentang apa sih sebenarnya kanker payudara itu. Juga seberapa parah kanker ini sudah menyebar di dalam tubuh, dan juga apa saja treatment yang bisa dilakukan.

Khusus untuk informasi mengenai kemungkinan hidup untuk penderita kanker payudara ini hanya diberikan ketika pasien memintanya. Hal ini akan sangat bergantung pada kondisi pasien.

Jika memang ingin mengetahui kondisi penderita yang mengalami hal yang sama, dan sejauh mana mereka bisa bertahan, dokter bisa memberikan datanya. Namun, jika informasi ini malah membuat putus asa, maka ada baiknya tidak perlu mengetahui.

Namun, kabar baiknya, kebanyakan kasus kanker payudara akan bertahan hidup selama lebih dari 5 tahun setelah diagnosis. Menurut cancer.org, sebuah penelitian membuktikan bahwa penderita yang berada pada stage 1 kanker payudara memiliki kemungkinan untuk bertahan hidup sebesar 88%. Sedangkan untuk penderita yang sudah berada pada stage 4, kemungkinan bertahan sebesar 15%.

Dalam data penelitian tersebut, dapat dilihat bahwa secara umum, kemungkinan bertahan hidup akan semakin menurun seiring dengan bertambahnya stage.

Nah, Ladies, semoga ada treatment terbaru yang lebih canggih dan secepatnya bisa menaikkan presentasi ini ya.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/tyn)







ARTIKEL TERKAIT - KANKER PAYUDARA
 1  2  Next 

© 2003-2014 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.