Latihan Lengan dan Bahu Pasca Operasi Kanker Payudara

Selasa, 16 Juli 2013 13:44

(c) shutterstock.com

Vemale.com - Ladies, setelah menjalani operasi kanker payudara, Anda disarankan untuk banyak menggerakkan lengan Anda. Biasanya, akan terjadi pembengkakan pada bagian ketiak dan lengan. Berikut adalah sebuah latihan ringan yang bisa Anda coba setelah 3 sampai 7 hari Anda menjalani operasi, dilansir oleh cancer.org.

Latihan ini disebut Wand Exercise. Latihan ini berguna untuk mengembalikan kemampuan Anda menggerakkan bahu Anda kedepan dan kebelakang. Untuk latihan ini Anda membutuhkan sebuah tongkat, atau sapu apabila terpaksa.

Pertama, peganglah tingkat dengan kedua tangan, dan letakkan melayang di atas perut Anda. Pegang tongkat tersebut dengan telapak tangan menghadap atas.

Kemudian, angkat tongkat tersebut hingga berada di atas kepala Anda. Usahakan tangan Anda lurus ke atas pada posisi ini. Tahan hingga 5 detik.

Setelah itu, turunkan tangan Anda secara perlahan. Kemudian, lakukan latihan ini selama 5 hingga 7 kali dalam sehari.

Yang perlu Anda perhatikan pada latihan ini adalah menggerakkan tangan Anda ke atas dan ke bawah dengan perlahan. Karena luka bekas tindakan medis Anda masih relatif baru, maka Anda disarankan untuk berlatih secara pelan-pelan.

Selain itu, Ladies, Anda juga bisa melatih lengan Anda agar tidak terjadi pembengkakan. Latihan ini berguna untuk memompa produksi kelenjar limfa yang terletak pada ketiak.

Berdirilah dengan tegap. Kemudian, angkat tangan Anda sampai setinggi bahu. Lakukan gerakan menutup dan membuka selama 5 kali. Lakukan repetisi gerakan tersebut 5 hingga 7 kali dalam sehari.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/tyn)






ARTIKEL TERKAIT - KANKER PAYUDARA
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

© 2003-2014 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.