Sukses

Beauty

Keluhan Pasca Operasi Kanker Payudara

Ladies, selalu ada keluhan yang terjadi setiap kali kita menjalani tindakan medis. Demikian pula bila kita menjalani operasi kanker payudara. Setidaknya, inilah beberapa keluhan yang mungkin kita rasakan setelah melakukan operasi, dikutip dari cancer.org.

Pertama, Anda mungkin akan merasakan rasa tegang pada dada dan ketiak yang baru saja mendapatkan tindakan medis. Namun, setelah Anda melakukan beberapa gerakan latihan, rasa tegang itu akan hilang secara berangsur-angsur.

Kemudian, mungkin Anda juga akan merasakan sensasi nyeri, terbakar, geli, atau bahkan mati rasa pada bagian belakang lengan Anda atau di dada Anda. Apabila Anda rasakan hal itu, berarti syaraf Anda mengalami sedikit iritasi.

Keluhan itu akan hilang dalam beberapa minggu. Sebenarnya Anda diperbolehkan menyelus bagian itu dengan kain yang lembut untuk mengurasi rasa sensitif. Namun, apabila terjadi pembengkakan pada bagian tersebut, sebegralah member tahu dokter Anda.

Anda juga disarankan untuk mandi air hangat, dan melatih lengan Anda setelah

mandi air hangat. Pada saat itu, otot-otot maish hangat dan relaks. Jangan lupa juga untuk memakai baju yang longgar untuk mengurangi gesekan luka.

Ladies, apabila Anda berlatih, maka ingatlah untuk berlatih dengan pelan-pelan. Kemudian, beristirahatlah selama 5 hitungan sebelum mengurangi gerakan. Selain itu, jangan melakukan gerakan yang rumit dan tergesa-gesa karena membahayakan luka jahitan Anda.

Nah Ladies, itu adalah beberapa keluhan dan tips yang berguna bagi Anda yang telah baru melakukan operasi kanker payudara. Semoga bermanfaat.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading