Sukses

Beauty

Kanker Payudara dan Kesuburan Wanita

Kanker payudara merupakan momok bagi setiap wanita. Hal ini dikarenakan wanita memiliki tendensi yang cukup tinggi untuk terkena kanker payudara. Terlebih lagi jika Anda memiliki riwayat kanker payudara pada keluarga Anda.

Seringnya, mereka yang terkena kanker payudara menganggap hidup telah berakhir bagi mereka. Sebenarnya ketika sel kanker dapat segera diketahui, Anda masih bisa melakukan berbagai proses pengobatan untuk membunuh sel kanker yang ada di tubuh Anda. Setelah proses pengobatan pun Anda masih dapat hidup seperti layaknya seorang wanita normal.

Seperti yang dilansir oleh cancerresearchuk.org, beberapa wanita masih bisa hamil secara alami meski mereka pernah menjalani pengobatan kanker payudara. Tetapi kecenderungan untuk sulit hamil memang cukup besar. Bahkan ada wanita yang tidak bisa hamil lagi setelah proses pengobatan kanker payudara.

Hal tersebut membuat patah hati, terutama bagi mereka yang belum memiliki seorang keturunan. Tetapi ternyata hal ini tidak semata-mata disebabkan oleh proses pengobatan kanker saja. Banyak faktor yang juga mempengaruhi, seperti usia Anda.

Selain itu, Anda masih dapat mengusahakan agar Anda tetap subur setelah menjalani proses perawatan dan pengobatan kanker payudara. Ada beberapa cara yang dianjurkan oleh dokter. Memang tidak sepenuhnya tergaransi, tetapi tidak ada salahnya Anda mencoba.

Sejak berkembangnya teknologi, ada beberapa cara medis untuk membantu menjaga kesuburan Anda. Salah satunya adalah dengan pembentukan embrio atau telur yang dinamakan dengan in vitro fertilization atau IVF. Selain itu, Anda dapat meminta dokter untuk membantu mengurangi efek kemoterapi terhadap kesuburan Anda.

Oleh: Wahyu Wienanda

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading