Makanan Berlemak Hewani Pemicu Kanker Payudara

Senin, 15 Juli 2013 04:58

(c) shutterstock.com

Vemale.com - Anda suka makan daging? Bagi sebagian mereka yang bukan vegetarian, daging hampir selalu tersedia dalam menu sehari-hari. Ditambah lagi, karena banyak menu keluarga sehari-hari yang menggunakan daging hewan, seperti sapi, ayam, kambing, ataupun bebek, sebagai bahan utamanya, mengkonsumsi daging pun hampir tidak ada bosannya.

Mungkin banyak dari anda yang paham bahwa terlalu banyak mengkonsumsi daging, terutama daging yang banyak lemaknya, merupakan salah satu pemicu berbagai masalah kesehatan. Namun, apakah anda juga tahu kalau memakan terlalu banyak daging berlemak ternyata merupakan salah satu penyebab timbulnya kanker payudara?

Berdasarkan informasi yang tercantum dalam situs www.healwithfood.org, mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak hewani dalam jumlah yang tinggi sudah sering dihubungkan dengan bertambahnya resiko terkena kanker payudara.

Bahkan, kecenderungan wanita pra-menopause yang mengkonsumsi daging berlemak dalam jumlah besar untuk terjangkit jenis kanker yang satu ini akan meningkat menjadi tiga kali lipat lebih besar daripada mereka yang sehari-harinya hanya mengkonsumsi sedikit saja daging berlemak.

Memang kandungan apa dalam lemak daging ini yang menyebabkan bertambahnya resiko kanker payudara? Berdasarkan situs yang sama, ternyata daging berlemak banyak mengandung asam arachidonic. Jenis asam yang merupakan asam lemak Omega-6 ini ternyata sudah diketahui mampu mempercepat pertumbuhan dan penyebaran sel-sel kanker. Asam ini juga dipercaya mampu menghancurkan sel-sel tertentu yang ikut serta dalam pertahanan tubuh terhadap serangan kanker.

So, ladies, mulai sekarang sedikit demi sedikit kurangilah memakan daging hewan berlemak, ya.

Penulis: Alfi Suci D.

(vem/sfg)






ARTIKEL TERKAIT - KANKER PAYUDARA
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

© 2003-2014 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.