Sukses

Beauty

Mastectomy -- Operasi Pengangkatan Payudara

Kanker payudara adalah kanker yang terjadi karena terlalu tingginya hormon oestrogen seseorang. Kanker jenis ini menyerang sel-sel di dalam payudara. Jika tidak segera ditangani, sel-sel dalam payudara yang telah berubah menjadi sel-sel kanker tersebut dapat menyebar ke bagian-bagian tubuh lainnya.

Terkadang, sel-sel kanker yang ada dalam payudara anda bisa dilemahkan dengan beberapa cara, namun masih banyak kasus dimana sel-sel kanker di dalam payudara sulit sekali untuk dilemahkan. Untuk kasus-kasus seperti ini, salah satu cara yang dianjurkan oleh dokter adalah dengan melakukan mastectomy.

Mastectomy, seperti yang dijelaskan di mayoclinic.com, adalah operasi yang dilakukan untuk mengangkat payudara seseorang. Pengangkatan payudara ini melingkupi pengangkatan semua jaringan payudara yang mencakup lobules, pembuluh-pembuluh, jaringan lemak, kulit dan juga puting susu. Setelah anda melakukan operasi pengangkatan payudara ini, anda tidak akan mempunyai payudara lagi.

Operasi pengangkatan payudara ini akan memperkecil kemungkinan anda terkena kanker payudara kembali. Akan tetapi, kemungkinan sel-sel kanker payudara tersebut untuk kembali aktif masih tetap ada. Hal ini terjadi karena sel-sel kanker tersebut tidak bisa benar-benar hilang dari dalam tubuh. Sel-sel tersebut hanya melemah saja setelah operasi.

Jika sel-sel tersebut kembali aktif dan anda kembali menderita kanker payudara, operasi harus dilakukan lagi. Operasi yang kedua ini akan mencakup jaringan-jaringan tubuh yang sehat di sekitarnya untuk menghindarkan terjangkitnya jaringan-jaringan tersebut dengan sel-sel kanker payudara ini.

Oleh    : Meilia Hardianti

   

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading