Sukses

Beauty

Memeriksa Kanker Payudara Secara Mandiri

Kanker payudara memang cukup sulit untuk dikenali. Akan tetapi, bukan berarti bahwa Anda tidak bisa mengenali adanya tanda-tanda kanker payudara secara mendiri.

Memeriksa sendiri adanya kanker payudara atau tidak memang bisa dilakukan secara mandiri. Caranya pun tidak cukup sulit. Untuk mengetahui hal itu, webmd.com pun telah melansir sejumlah cara yang bisa dilakukan oleh wanita secara mandiri.

Langkah pertama adalah menanggalkan semua pakaian yang ada di atas pinggang. Kemudian rebahkan diri Anda untuk membuat posisi payudara berada di level yang paling rendah dan sejajar sehingga lebih mudah untuk diperiksa.

Selanjutnya gunakanlah jari tengah Anda untuk memeriksa dengan memulainya dari payudara sebelah kanan dengan gerakan perlahan. Pada saat melakukan pemeriksaan gunakanlah tiga level tekanan yang berbeda untuk mengetahui ada atau tidaknya benjolan.

Jangan lupa berikan tekanan yang lebih dalam pada bagian tulang payudara dan tulang rusuk. Untuk melakukan pengecekkan, lakukanlah gerakan horizontal bukan vertikal. Lakukan pengecekan dimulai dari tulang selangka kea rah ketiak kemudian ke tulang payudara. Kemudian, mulai dari ketiak kemudian ke bagian bawah payudara.

Selanjutnya gerakkan jari anda melebar kea rah tulang selangka dan ulangi hal tersebut secara berulang-ulang hingga semua bagian payudara terperiksa. Atau pola lain yang bisa digunakan adalah pola pengecekkan spiral.

Yang perlu Anda curigai adalah adanya benjolan pada payudara Anda. Jika Anda tidak yakin akan hal itu, coba konsultasi dengan dokter untuk memastikan apakah benjolan tersebut benar-benar merupakan kanker atau bukan.

Wahyu Wienanda

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading