Sukses

Parenting

Serviks Sehat, Bebas Stress dan Rokok

Anda mungkin sering mendengar tentang kengerian kanker serviks? Tahukah Anda bahwa kanker tersebut sering menyerang pada masa awal Anda hamil? Bingung? Khawatir? Tenang ladies, Anda bisa menghindari penyakit tersebut selama Anda tetap menjaga serviks atau mulut rahim Anda tetap sehat.

Pertama-tama, seperti yang dilansir pregnancy.org, Anda bisa membuat serviks Anda tetap sehat dengan cara menghindari stress dan rokok baik menjadi perokok aktif maupun pasif.

Banyak dari kita yang hidup penuh dengan tekanan yang membuat kita stress. Dr. David Edelberg, M.D., penulis “The Triple Whammy Cure,” menyarankan agar ibu hamil tidak terlalu khawatir dengan masalah-masalah yang ada. Anda bisa melakukan kegiatan seperti berjalan-jalan, pijat, meditasi, yoga, akupuntur, dan spa untuk menenangkan diri Anda. Poin utamanya adalah Anda bisa menghabiskan waktu Anda dengan membiarkan stress tersebut keluar dari dalam pikiran Anda.

Anda juga sebaiknya berhenti untuk merokok karena hal tersebut juga dapat membantu perkembangan kanker serviks. Jika Anda tidak merokok, ada baiknya jika Anda menghindari asap rokok supaya Anda tidak menjadi perokok negatif karena potensinya sama saja dengan perokok aktif. Jadi, jika suami Anda seorang perokok, coba beri ia pengertian agar ia tak merokok di dekat Anda.

Jadi, yuk hindari stress dan rokok agar serviks atau mulut rahim Anda tetap sehat. Kalau serviks sehat, Anda pasti akan hamil dengan tenang bukan?

Oleh: Atik Ulinuha

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading