Sukses

Beauty

7 Gejala Awal Kanker yang Perlu Kamu Ketahui Biar Waspada

Setiap kali mendengar kata kanker, rasanya nyali langsung ciut. Penyakit yang satu ini memang jadi momok yang menakutkan bagi banyak orang. Untuk itu penting bagi kita untuk mengetahui sejumlah gejala awal kanker agar lebih waspada.

Seperti yang dikutip oleh newsmaxhealth.com, rupanya kanker tidak selalu ditandai dengan munculnya benjolan atau ruam pada kulit. Ada sejumlah gejala lain yang perlu kita waspadai karena bisa jadi itu tanda awal tubuh terkena kanker. Selengkapnya, mari kita bahas di sini.

    Sesak Napas atau Batuk yang Tak Kunjung Sembuh

    Tahukah kalau salah satu tanda awal kanker paru-paru adalah sesak napas? Ini tentu berbeda dengan mereka yang menderita asma. Di samping itu, gejala lainnya adalah batuk hingga berminggu-minggu, baik batuk kering maupun berlendir. Gejala ini akan sangat mungkin terjadi pada perokok. Kalau sesak napas atau batuk yang kamu alami tak kunjung sembuh, segera periksakan diri ke dokter, ya.

    Suara Serak Lebih dari 2 Minggu

    Suara serak tak hanya disebabkan oleh batuk atau radang tenggorokan. Jika suara serak ini terjadi hingga 2 minggu, bahkan jika kondisinya memburuk, sebaiknya kamu segera memeriksakannya lebih dalam. Suara serak seringkali menjadi gejala kanker tenggorokan atau kanker paru-paru, bahkan bisa jadi gejala kanker tiroid.

    Sakit Perut yang Kronis

    Seringkali kanker lambung dianggap sebagai maag biasa. Gejala mual atau perih mungkin tak terlihat serius tapi kalau itu terjadi berkali-kali, segera periksakan diri ke dokter. Atau kalau kamu sering mengalami kembung tanpa mengetahui kejelasan alasan, baiknya konsultasi ke dokter. Meski kembung yang terjadi selama menstruasi atau beberapa hari sebelum menstruasi adalah hal yang normal, tapi jika sering terjadi maka mintalah pemeriksaan mendalam oleh dokter. Untuk memastikan apakah gejala tersebut merupakan gejala kanker ovarium.

    Tubuh Gampang Lelah atau Letih

    Sering merasa lelah adalah gejala awal beberapa jenis kanker. Umumnya tubuh yang gampang lelah itu gejala leukimia. Menurut American Cancer Society, bila kamu sering merasa lelah tanpa sebab (walaupun kamu sudah cukup tidur dan tidak melakukan pekerjaan berat) kamu harus segera memeriksakan diri ke dokter.

    Susah Buang Air kecil

    Buat para pria yang sering mengalami sulit buang air kecil, maka waspadai gejala tersebut sebagai gejala awal kanker prostat. Baik sulit buang air kecil atau aliran urin menjadi lemah, keduanya harus diwaspadai. Segera konsultasikan pada dokter dan mintalah uji untuk memastikan apakah itu adalah kanker prostat atau bukan.

    Tubuh Merasakan Gejala yang Mirip Flu

    Tak banyak yang tahu bahwa gejala awal kanker getah bening hampir sama dengan flu, yaitu nyeri di sekujur tubuh dan demam. Demam yang sering terjadi bisa disebabkan oleh kanker yang telah menyebar, demikian info yang dikutip dariĀ  American Cancer Society, terutama bagi mereka yang terkena leukemia atau limfoma.

    Lengan dan Bahu Nyeri Tanpa Alasan yang Jelas

    Sering merasa nyeri di lengan dan bahu tanpa alasan yang jelas? Rasa sakit dan nyeri yang terjadi pada lengan dan bahu tanpa sebab yang jelas bisa menjadi salah satu tanda kanker paru-paru yang memburuk. Pembesaran kelenjar getah bening yang menekan saraf bahu bisa menyebabkan rasa nyeri sebelum muncul rasa sesak napas.



Ladies, jangan abaikan gejala apapun walaupun itu terasa kecil. Jika ada sesuatu yang terasa tidak beres di tubuhmu, segera periksakan diri ke dokter. Semoga info tersebut bisa bermanfaat untukmu.





(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading