Sukses

Parenting

Tips Redakan Rasa Sakit Pada Puting Setelah Menyusui

Bisa memberikan ASI eksklusif untuk bayi adalah kebanggaan tersendiri bagi setiap ibu. Dengan memberikan ASI eksklusif maka ibu telah memberikan nutrisi terbaik bagi buah hatinya. Namun menyusui ini tidak mudah Ladies, ada beberapa tantangan yang harus dihadapi. Salah satu keluhan yang sering datang adalah nipple atau puting susu yang sakit setelah menyusui.

Ada beberapa hal yang menyebabkan puting susu jadi sakit. Puting jadi nyeri karena bayi yang menyedot terlalu kencang, pakaian dalam yang terlalu ketat, kulit kering dan pecah-pecah, atau mungkin terkena gigitan bayi. Rasa nyeri, gatal, bengkak adalah beberapa gejala yang biasanya dirasakan para ibu menyusui. Nah, berikut ini Vemale akan coba hadirkan tips mudah mengurangi rasa sakit pada puting yang bisa Mommy coba sendiri.

  • Ambil beberapa es batu dan bungkus dengan kain. Gosokkan pada puting yang terasa sakit. Ini akan mengurangi pembengkakan dan rasa nyeri.
  • Mommy juga bisa mencoba mengoleskan minyak kelapa dan memijat puting yang sakit dengan lembut. Ini akan melembabkan daerah yang sakit. Setelah itu diamkan sebentar selama kurang lebih 15 menit. Jangan lupa untuk menghilangkan minyak pada puting dengan bersih sebelum menyusui bayi.
  • Mengompres dengan air hangat juga bisa mengurangi rasa sakit pada puting. Tempelkan kompres hangat pada puting selama 2-3 menit. Lakukan treatment ini setidaknya 15 menit sebelum menyusui bayi.
  • Sebelum menyusui Mommy juga disarankan untuk memijat puting yang sakit dengan sedikit ASI. Setelah menyusui juga lakukan hal yang sama. Ulangi proses ini 2-3 kali sehari. ASI mengandung zat yang akan mempercepat penyembuhan dan meminimalisasi rasa nyeri.


Nah Mommy, itu tadi adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa sakit pada nipple saat menyusui buah hati. Selama menyusui juga kamu disarankan untuk tidak mengenakan pakaian yang terlalu ketat. Perbanyak konsumsi buah citrus dan sayuran hijau untuk recovery yang lebih cepat. Semoga informasi ini bermanfaat ya Mom. 

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading