Sukses

Beauty

Menurut Study, Konsumsi Kari Pedas Cegah Kanker Payudara

Kabar gembira buat kita yang suka konsumsi masakan kari dengan bumbu rempah lengkap dan pedas. Kenapa kita perlu gembira? Dikutip dari laman asiantown.net, sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa kari pedas dipercaya bisa mencegah risiko kanker payudara dan menekan pertumbuhan sel tumor. Nutrisi dan zat aktif yang terkandung di dalam cabai serta rempah-rempah merupakan pembunuh dari berbagai penyakit khususnya kanker.

Sensasi pedas dan berapi-api setelah makan pedas secara tidak langsung membuat hormon dalam tubuh berubah. Keringat yang di keluarkan tubuh selama merasakan sensasi pedas bertanggung jawab mengurai sel-sel berbahaya termasuk sel kanker. Selain rasa pedas, peran aktif zat antioksidan dalam rempah-rempah seperti kunyit, jahe dan lengkuas pada bumbu kari bisa mencegah berbagai risiko penyakit mematikan menyerang.

Sejak lama, kunyit dipercaya bisa mencegah dan mengobati risiko jantung, diabetes serta gangguan sistem pencernaan. Jahe dan lengkuas sendiri bisa mencegah risiko obesitas dan mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh. Sementara bumbu rempah seperti pala, merica, bawang merah dan bawang putih berperan aktif dalam menstabilkan gula darah maupun tekanan darah.

Para peneliti di Ruhr University Bochum, Jerman mengungkapkan nutrisi dan vitamin pada masakan kari yang pedas sangat bermanfaat mencegah kanker ketika dikonsumsi secara rutin. Prof Hanns Hatt, seorang peneliti yang mempublikasikan tulisannya di journal Breast Cancer menyebutkan, "Penelitian ini menemukan ada banyak senyawa aktif pembunuh sel kanker dalam rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan kari. Konsumsi kari bisa jadi cara mudah mencegah maupun mengobati kanker. Kami akan terus melakukan penelitian ini lebih lanjut."

Meski penelitian menyebutkan masakan kari bisa mencegah risiko kanker, konsumsi kari saja tidak menjamin pencegahan terhadap risiko kanker bisa sepenuhnya dilakukan. Pasalnya, ada beberapa senyawa dan zat di dalam masakan ini yang memiliki efek samping buat kesehatan. Kekuatan sistem kekebalan tubuh setiap orang yang berbeda juga menjadi kendala kenapa masakan kari pedas tidak sepenuhnya mencegah risiko kanker.

Semoga penelitian lebih lanjut mengenai penelitian ini segera dilakukan. Semoga pula, kita semua bisa selalu menerapkan pola hidup sehat agar terbebas dari berbagai penyakit khususnya kanker payudara. Semoga informasi ini bermanfaat

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading