Sukses

Beauty

Penelitian Membuktikan, Olahraga Bantu Kurangi Keinginan Ngemil

Ada banyak penyebab berat badanmu naik, salah satunya adalah kebiasaan ngemil. Biasanya ngemil dipicu karena kamu bosan atau sedang stres. Pada akhirnya kamu mencari pelampiasan untuk bisa menghilangkan bosan atau stres tersebut.

Tapi tahukah kamu, bahwa ada cara yang jauh lebih sehat untuk dijadikan pelampiasan saat bosan atau stres daripada ngemil, yaitu olahraga. Sebuah penelitian menemukan bahwa ada cara baik melindungi tubuh dari efek negatif kebanyakan makan dan rasa bosan, yaitu latihan fisik.

Bukan hal yang mengejutkan memang. Semua orang tahu bahwa olahraga adalah cara utama menjaga berat badan dan menjaga tubuhmu tetap sehat. Tapi ternyata olahraga juga bisa mengalihkan keinginanmu untuk ngemil lho.

Para peneliti dari University of Michigan mencoba melihat apakah seminggu ngemil memiliki pengaruh yang sama dengan seminggu olahraga untuk mengalihkan perhatian bosan dan stres. Partisipan dibagi menjadi dua kelompok, yang melakukan olahraga dan yang tidak. Kelompok olahraga diminta melakukan latihan fisik selama 150 menit sedang yang lain tidak.

Ternyata, kelompok yang melakukan olahraga memiliki keinginan lebih sedikit untuk ngemil dibanding mereka yang tidak melakukan apa-apa. Kadar gula darah orang yang tidak melakukan olahraga akan meningkat sehingga membuat mereka lebih ingin ngemil.

Ada perbedaan besar dalam aktivitas metabolisme tubuh kedua kelompok ini. Namun Alison Ludzki, kepala penelitian ini mengatakan bahwa penelitian ini masih butuh banyak pengembangan untuk mengetahui lebih jauh mengenai pengaruh olahraga dan keinginan ngemil.

Namun paling tidak, kini kamu tahu bahwa melakukan aktivitas dan menjaga tubuh tetap aktif ternyata bisa mengalihkan perhatianmu untuk ngemil. Karena kurangnya kesibukan, banyak orang akhirnya terjebak dengan aktivitas ngemil, yang membuat tubuh gemuk.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading