Sukses

Beauty

Olahraga Angkat Beban Terbukti Cegah Pikun & Alzheimer

Jika kamu pikir olahraga angkat beban hanya cocok untuk pria, kamu salah besar. karena siapa pun bisa melakukan olahraga angkat beban, apalagi jika kamu ingin membentuk tubuh padat berotot dan perut tanpa buncit.

Dan ternyata bukan hanya bentuk tubuhmu saja yang seksi jika rajin olahraga angkat beban, rutin melakukan angkat beban ternyata juga bermanfaat menjaga kesehatan otak dan ingatan.

Sebuah penellitian menemukan bahwa menurunkan berat badan karena melakukan aktivitas fisik olahraga apa pun bisa menjaga kemampuan ingatan, dan angkat beban dua kali seminggu ternyata bisa meningkatkan kemampuan dan fungsi otak khususnya saat kamu tua nanti.

Penelitian dari Australia ini menyarankan untuk memperkuat dan memperbanyak latihan angkat beban untuk mencegah Alzheimer’s dan demensia. Penelitian dilakukan pada 100 pria dan wanita usia 55-86 tahun yang didiagnosa mild cognitive impairment (MCI) gejala awal Alzheimer’s.

Mereka yang melakukan latihan angkat beban rutin bukan hanya lebih sehat dan kuat secara fisik tapi ternyata juga menunjukkan perkembangan secara kognitif. Hal ini bisa dilihat setelah 12 bulan rutin melakukan olahraga angkat beban.

Yorgi Mavros, PhD, fisiologis University of Sydney sekaligus penulis penelitian mengatakan bahwa semakin kuat orang tersebut, semakin besar manfaatnya untuk kesehatan otak. Namun tentu saja latihan fisik untuk orang usia lanjut perlu diawasi oleh ahli dan dilakukan secara bertahan dan perlahan agar tidak terjadi cedera.

Tapi sebelum tua, akan lebih baik jika kamu sudah mulai membiasakannya dari sekarang ladies. Ajak juga orangtuamu untuk aktif olahraga.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading