Sukses

Beauty

Jalan 1 Jam Sebanyak 3 Kali Seminggu Menurunkan Risiko Demensia

Dibandingkan dengan olahraga lainnya, olahraga jalan kaki merupakan olahraga paling mudah dan murah yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Jalan kaki, juga merupakan salah satu olahraga sederhana yang memiliki segudang manfaat buat kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah menurunkan risiko demensia. Dikutip dari laman asiantown.net, jalan kaki selama 1 jam sebanyak 3 kali dalam seminggu dipercaya mampu menurunkan risiko demensia dan membuat otak makin cerdas juga terhindar dari risiko alzheimer.

Mengenai demensia, apa sih demensia itu? Jadi begini, demensia merupakan kondisi dimana kemampuan otak seseorang mengalami kemunduran atau penurunan kualitas. Kondisi ini bisa ditandai dengan keadaan seseorang yang menjadi sering lupa akan sesuatu yang baru ia kerjakan, berubahnya kepribadian dalam dirinya dan keadaan emosi yang naik turun atau labil. Umumnya, demensia terjadi karena adanya kelainan pada otak.

Untuk menurunkan risiko demensia ini, para ahli mengungkapkan bahwa olahraga jalan kaki bisa menjadi solusinya. Dengan jalan kaki, seseorang bisa mendapatkan tubuh yang senantiasa bugar dan sehat. Ia, juga dikatakan akan mendapatkan otak yang senantiasa sehat dan sistem peredaran darah dalam tubuh yang mengesankan. Dr Rosa Sancho, kepala penelitian di Alzheimer Research UK mengatakan,

"Kami menemukan olahraga jalan kaki baik buat kesehatan jantung. Selain itu, kami juga menemukan bahwa jalan kaki sangat baik buat kesehatan otak dan mencegah alzheimer serta demensia."


Sementara itu, Dr Doug Brown, direktur penelitian dan pengembangan di Alzheimer's Society mengungkapkan,
"Kami menemukan bahwa jalan kaki akan menjaga kesehatan fisik dan psikis dengan baik. Terlebih, ketika jalan kaki dilakukan di waktu yang tepat dan masih sehat yakni pagi dan sore hari serta dilakukan di tempat yang asri lagi sejuk."
Well, agar jalan kaki semakin sehat dan berdampak positif buat kesehatan fisik maupun psikis, para ahli menyarankan agar jalan kaki dilakukan pada pagi atau sore hari. Jalan kaki, juga sangat disarankan untuk dilakukan di taman atau di tempat yang masih segar dengan pemandangan menyejukkan pandangan.

Penelitian yang dilakukan oleh para ahli di University of British Columbia di Kanada menemukan bahwa olahraga ringan seperti halnya jalan kaki adalah salah satu aktivitas yang bisa menurunkan risiko masalah kognitif hingga demensia dengan sangat baik. Jalan kaki, juga menjadi salah satu aktivitas yang bisa membuat seseorang terhindar dari berbagai risiko penyakit berbahaya seperti jantung, stroke, obesitas hingga diabetes.

Para peneliti juga menemukan bahwa lansia dengan usia di atas 60 tahun yang rutin olahraga jalan kaki setidaknya selama 1 jam setiap harinya dan minimal dilakukan sebanyak 3 kali dalam seminggu, hal ini membuatnya sehat secara fisik maupun psikis. Lansia ini juga dikatakan terbebas dari masalah demensia atau masalah kognitif lainnya. Ladies, mengingat akan pentingnya melakukan olahraga jalan kaki, sangat disarankan agar mulai sekarang kita mulai rutin olahraga jalan kaki

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading