Sukses

Beauty

Olahraga 15 Menit Saja Dalam Sehari, Umurmu Bisa Lebih Panjang

Orang mungkin tak akan menyangka bahwa sebenarnya tak butuh terlalu banyak aktivitas fisik untuk memperpanjang usia. Kamu hanya butuh 15 menit per hari untuk bisa hidup lebih lama. Hal inilah yang dikatakan sebuah penelitian kesehatan baru-baru ini.

Penelitian yang melibatkan lebih dari 123.000 orang berusia 60 tahun ke atas ini dilakukan selama 10 tahun. Dan dibandingkan mereka yang sama sekali tidak aktif, mereka yang memiliki aktivitas fisik, meski sedikit setiap harinya, ternyata 22 persen kemungkinan besar lebih panjang umur.

Dengan kata lain, meski kamu tak suka olahraga namun jika menyempatkan diri 15 menit saja untuk menggerakkan badan, kamu bisa hidup lebih lama. Untuk mereka yang memiliki aktivitas fisik dalam kadar sedang hingga tinggi (giat olahraga), peluang panjang umur meningkat 28 persen dan 35 persen, dibanding dengan mereka yang tak pernah olahraga sama sekali.

Penelitian yang dipresentasikan dalam seminar European Society of Cardiology itu menunjukkan bahwa semakin banyak aktivitas fisik yang dilakukan para lansia, maka semakin baik manfaat kesehatan yang mereka dapatkan. Dr. David Hupin dari University Hospital of Saint-Etienne Perancis mengatakan bahwa usia bukan batasan.

Orang tua tetap bisa melakukan aktivitas fisik untuk menjaga kesehatan. Namun tentu saja mereka tak boleh melakukan olahraga keras lebih dari 75 menit dan direkomendasikan untuk melakukan olahraga ringan hingga sedang dengan batasan hingga 150 menit saja.

Dr. David Hupin menyimpulkan, olahraga 15 menit sehari saja cukup jadi waktu yang masuk akal bagi para lansia. Sedikit kebiasaan kecil seperti ini saja sudah bisa membawa perubahan baik untuk tubuh.

Orang jadi tak mudah mati karena menjaga kesehatannya, cukup dengan meluangkan waktu olahraga 15 menit saja, dan tubuh akan lebih sehat dibanding mereka yang sama sekali tak pernah olahraga. Jika semakin lama waktu olahraga yang bisa kamu lakukan, maka semakin baik. Yuk lakukan olahraga rutin dari sekarang ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading