Sukses

Beauty

Cerita Nadia, Berat Turun 29 Kg Berkat Diet OCD

Hai Vemale,

Saya ingin menceritakan pengalaman menurunkan berat badan sebanyak 29 kg dengan metode OCD (Obsessive Corbuzier's Diet) yang dipopulerkan oleh Deddy Corbuzier. Semoga bisa memberi inspirasi untuk pembaca :)

Awalnya saya merasa berat badan berlebihan itu membuat tubuh jadi rapuh dan sakit-sakitan. Sejak kecil, saya sendiri punya penyakit tipus dan semakin parah ke arah maag hingga lemah jantung di usia 21-23 tahun lalu. Berat saya waktu itu 82 kg, kondisi obesitas ini saya yakini memperburuk kondisi kesehatan saya. Maka saya memutuskan untuk mengubah semuanya. Mungkin ini terdengar agak lebay, tapi saya percaya, mengubah pola hidup menjadi lebih baik adalah awal mula meraih masa depan terbaik. Sehat jiwa dan raga itu super penting kan? :)

Foto: copyright Nadia Adibie

Dari banyaknya metode mengurangi berat badan, saya memilih OCD. Waktu itu saya tidak ada rencana untuk memilih diet ini, bisa dibilang tidak sengaja. Awalnya, saya baru 2 minggu memutuskan untuk mengonsumsi sayur setengah matang alasan kesehatan, kemudian saya 'dipertemukan' dengan diet OCD yang saat itu baru launching selama satu bulan.

Selain mudah dipraktikkan dan bebas makan apa saja, OCD juga punya workout otot bernama O7W. Cukup olahraga 7 menit sehari, tapi bisa bikin banjir keringat dan sangat efektif mengencangkan perut.

Ingin tahu kelebihan OCD dan rahasia Nadia sampai beratnya turun 29 kg? Silakan lanjut ke halaman selanjutnya..

(vem/yel)

Kenapa Nadia Memilih Metode OCD?

Selain mudah dipraktikkan dan bebas makan apa saja, OCD juga punya workout otot bernama O7W. Cukup olahraga 7 menit sehari, tapi bisa bikin banjir keringat dan sangat efektif mengencangkan perut.

Tapi setelah dipelajari lebih lanjut, saya memilih OCD karena:

  • Saya bebas MAKAN atau NGEMIL apapun walau berlemak dan saya suka. Se'kolesterol' apapun atau seenak apapun bisa saya nikmati semau saya. Yang harus saya lakukan hanya mengatur waktu makan saja. Tidak ada yang lebih menyiksa selain dilarang menikmati makanan kesukaan kan? Nah, diet lain kebanyakan begitu, banyak larangan makannya.
  • Seperti yang dijelaskan juga oleh Deddy Corbuzer , diet ini tidak hanya bisa menurunkan berat badan, tapi juga menaikkan hormon HGH (Human Growth Hormon) yang membuat kita akan makin awet muda jika konsisten dilakukan. Buktinya sudah ada, banyak yang nggak menyangka saya sudah 26 tahun. Padahal waktu kuliah dulu, saya sering dibilang mirip emak-emak. Percaya atau nggak, itu terjadi ya.. :)
  • OCD sendiri berasal dari ilmu kuno China yang jauh dari obat-obatan dan bahan kimia kekinian. Prosesnya natural dari tubuh kita sendiri dan super hemat.
  • OCD bikin ketahanan tubuh meningkat drastis. Saya yang awalnya sakit-sakitan jadi nggak pernah sakit. Tahun lalu sempat sakit hepatitis A beberapa bulan setelah saya berhenti OCD. Sangat terasa perbedaan ketahanan tubuh saat OCD dan tidak.
  • OCD satu-satunya diet yang sukses bekerja di tubuh saya. Sebelumnya saya mencoba beberapa kali dan selalu gagal.

Saya menjalani OCD sejak Agustus 2013 sampai Juli 2014. Selama itu, saya berhasil menurunkan berat badan dari 82 Kg sampai 53 Kg (turun 29 Kg). 

Pola Diet OCD Nadia

Proses OCD yang saya lakukan:

Bulan Pertama & Kedua (Jendela makan 8 jam)

  • Bangun tidur jam 6:00 pagi, nggak makan APA PUN selain air putih (NGGAK ADA PENGECUALIAN) sampai jam 10:00 pagi. (Aturan OCD adalah tidak boleh makan/minum apapun yang mengandung kalori selama 3 jam setelah bangun tidur).
  • Jam 10:00 pagi mulai sarapan. Jam 2:00 sore makan siang. Jam 5:00 makan malam, lalu mulai puasa lagi jam 6:00 (hanya minum air putih). Selama melakukan OCD dilarang rakus. Makanlah sesuai kebutuhan.
  • Belum mulai olahraga O7W.

Bulan Ketiga (Jendela makan 6 jam)

  • Saya memulai jendela makan lebih siang yaitu jam 14.00 dan mulai puasa lagi jam 20.00. mulai makan saat sudah siang agak sore karena merasa berat badan jadi lebih cepat turun dengan pola itu.
  • Makan besar hanya dua kali, jam 14.00 dan jam 19.00. Tahan nafsu, jangan sampai rakus.
  • Mulai ikut olahraga O7W yang simpel dan bisa dikerjakan dilakukan di dalam ruangan.
  • Mulai tidak merasa lapar selama puasa.

Bulan keempat dan seterusnya (Jendela makan 4 jam)

  • Jendela makan dimulai dari jam 16.00 - 20.00
  • Makan hanya sekali, sisanya ngemil makanan yang lagi dipengenin  banget.
  • Tetap efektif melaksanakan O7W.
  • Seminggu sekali puasa 24 jam.
  • Selain O7W, saya juga menjalani beberapa olahraga. Yang rutin saya lakukan adalah zumba dan berenang. Alasannya? Simpel, karena kedua olahraga itu mengandung unsur senang-senang dan playful! :D

Untuk lebih lengkapnya bisa download e-book OCD ya.

Dikira Pakai Narkoba Karena Berat Turun Banyak

Perjuangan selama diet OCD, entah kenapa SANGAT FUN! Saya bisa bilang OCD ini diet yang paling nyaman dilakukan dan bikin dompet jadi tebal. Masa sulit yang saya rasakan hanya terjadi selama 2 minggu pertama karena belum terbiasa.

Saya punya maag dan sempat kambuh di hari pertama. Tapi di e-book OCD sudah dijelaskan bahwa maag yang kambuh itu wajar dan tinggal diminumin obat maag aja. Di hari kedua, maag sudah tidak kambuh.

Dikira sakit keras dan pakai narkoba

Masa yang paling berat terjadi pada dua minggu pertama. Karena saat itu saya harus ikut banyak acara makan-makan (masa wisuda) sehingga sulit mengatur waktu makan. Waktu itu saya juga masih sering tidak rela karena tidak bisa sarapan. Namun saat berat saya turun 2 kg di minggu pertama, saya tahan semua itu. Pikir saya, "kalau seminggu sudah turun 2 kilogram, 3 bulan saja aku udah turun 24 kilogram nih!".

Kesulitan lain yang saya hadapi justru datang dari keluarga. Saat ketemu bude, pakde atau keluarga saat Lebaran, mereka ngira saya sakit parah dan bahkan sempat dikira mengonsumsi narkoba. Semua 'tuduhan' itu karena berat badan saya yang turun drastis dirasa tidak logis, saya sampai susah menjelaskan ke mereka.

Tapi.. dari semua kesulitan itu, ada hal menyenangkan lainnya

Setelah dua minggu, saya merasa tubuh jadi sangat enteng, tidak gampang ngantuk, dan lebih energik. Bahagianya lagi, saya bisa punya banyak 'tabungan uang' untuk membeli makanan enak tepat di jam makan. Misalnya saya lagi pengen banget es krim coklat plus salad plus wafer plus masakan padang. Saya jadi bisa beli semuanya karena hanya punya kesempatan makan sekali saja. Jadi, saya bisa punya jadwal makan enak selama sebulan yang dijadwal dengan teratur, semacam wisata kuliner setiap hari.

Nadia (kiri) | Foto: copyright Nadia Adibie

Kesulitan lainnya (atau bisa dibilang ini berkah banget), saya harus banyak-banyak shopping karena celana, baju dan bahkan sepatu semuanya kebesaran dalam waktu singkat. Jadi kalau kamu mau diet OCD, sebaiknya mulai menabung untuk membeli berbagai fashion items ;)

Berat turun drastis bikin banyak orang kaget

Hal yang paling menyenangkan tentu saja saat saya berhasil menurunkan berat badan sampai 29 kg. Dengan catatan, berat awal 84 Kg itu saya lihat saat sudah beberapa minggu diet, jadi bisa jadi bobot asli saya lebih berat dari itu.

Reaksi orang-orang di sekitar sudah pasti kaget. Karena berat saya langsung turun di angka 58 kg hanya dalam waktu 6 bulan saja (Agustus 2013 - Februari 2014). Mama sempat takut saya terlalu kurus dan sering nyuruh saya berhenti OCD. Paman dan pakde bilang saya sakit. Belum lagi teman-teman saya. Banyak yang BBM, WhatsAppp, telepon untuk konsultasi. Padahal sebenarnya sudah jelas banget di e-book OCD. Tinggal pelaksanaan saja.

Rahasia Lain Nadia Agar OCD Berhasil

Kalau kamu pernah mencoba berbagai diet dan gagal, saya juga pernah mengalaminya. Diet yang saya jalani sebelum OCD cuma makan sehat dan olahraga aja. Saya sempat ngoyo dalam seminggu lari pagi setiap hari, tapi bobot saya justru naik. Entah kenapa.

Saya sebenarnya bukan fans Deddy Corbuzier dan juga bukan haters-nya tentu saja. Tapi saya bisa bilang OCD ini paling asyik karena saya bisa makan apaaaa pun yang saya suka. Jadi, jangan takut. Habis menahan lapar kalian boleh makan apa saja asal tidak rakus.

Tipsnya..

Jangan jadikan diet ini sebagai BEBAN

Kalian harus fun ngejalaninnya. Jangan tinggalkan nongkrong sama teman, ngopi cantik, arisan yang banyak makanan enaknya dan semua yang serba senang-senang. Tapi pastikan kamu bersenang-senang di jam jendela makan yang tepat ya! Kalau sudah begini, kalian nggak bakal ngerasa lagi diet deh..

KONSISTEN!

Diet apa pun tidak akan berhasil tanpa konsistensi. Coba jangan cuma ingat badan kurus saja. Tapi ingatlah bahwa di masa depan kalian butuh SEHAT sebagai investasi. Butuh juga untuk aktif alias nggak boleh cepat tua. Kalian butuh tubuh cantik, kencang, cerdas dan seksi. First impression saat bertemu orang baru itu sangat penting dipersiapkan. Semua perempuan itu cantik dan jadikan ini kesempatan untuk memanjakan diri.

Foto: copyright Nadia Adibie

Hadapi masa sulit dengan POSITIVE THINKING

Jangan dibawa ribet dan drama. Jangan banyak alasan. Jangan pernah biasakan diri buat bilang, "ah, aku harus perjuangan mati-matian nih. bete banget. masa makannya 4 jam lagi?"

Coba untuk mengubah sudut pandang. Misal lagi iri saat lihat teman manak shushi yang enak. Katakan dalam diri "Tenang ya badanku, nanti jam 3 sore kita makan shushi juga. Aku carikan shushi paling enak dan bikin kamu terpana!"

Atau...

Misal ada yang nge-bully. "Makan aja sih yuk, OCD kan onok camilan dipangan  (ada camilan dimakan),"

Tetap tersenyum dan ucapkan dalam hati, "yang penting cantik, awet muda dan sehat sampai tua. Ingat, cantik umur 20-an itu biasa, cantik dan seksi di umur 35 tahun ke atas itu baru kereeen!"

Tips Lainnya

Sediakan timbangan di rumah jika benar-benar berniat untuk diet. Jangan segan-segan menimbang berat badan. Usahakan untuk tetap happy dan tidak stres karena stres saat diet justru akan membuat program kamu gagal.

Untuk kalian yang ingin ikut program diet OCD, wajib download e-booknya di sini. Banyak orang yang salah melakukan OCD yang akhirnya gagal atau justru jadi sakit.

Sekarang berat badan saya naik 3 kilo dari 53 kg ke 56 kg. Sudah seminggu terakhir saya kembali OCD. Kali ini bukan karena mau turun drastis lagi, tapi ingin menaikkan HGH biar awet muda. Tapi saya menargetkan berat badan 49 Kg biar benar-benar ideal. On the way  nih. Mungkin pembaca Vemale mau diet bareng saya? :D

Selamat mencoba!

***

Yang mau kenalan dengan Nadia, bisa langsung di:

IG: @nadibie
Twitter: @nadibie

Terima kasih sudah berbagi cerita untuk Vemale.com ;)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading