Sukses

Beauty

Ups, Ternyata Kebiasaan Sarapan Nggak Bisa Turunkan Berat Badan

Kamu pasti sudah banyak membaca artikel atau mendengar dari banyak orang tentang tips diet yang bisa menurunkan berat badanmu. Salah satu tip diet yang mungkin sudah sering kamu dengan adalah membiasakan makan pagi atau sarapan karena sarapan bisa mencegahmu kalap makan saat datang waktu makan siang.

Bahkan banyak ahli kesehatan dan ahli diet mengatakan bahwa sarapan adalah waktu makan wajib kamu biasakan jika ingin mencapai berat badan ideal. Tapi ternyata tak begitu saja sarapan bisa membantumu menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalamĀ  American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa waktu makan pagi hari (sarapan) sebenarnya tidak memegang peranan sangat penting dalam menjaga berat badan.

Dalam penelitian tersebut, satu kelompok orang dewasa diminta membiasakan sarapan setiap hari, sedangkan kelompok lainnya tidak sarapan. Setelah enam minggu, peneliti menemukan bahwa tak banyak perbedaan mengenai perubahan berat badan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan antara kelompok yang membiasakan sarapan dan yang tidak.

Meski memang kelompok yang membiasakan sarapan mungkin lebih sehat, itu lebih disebabkan oleh faktor gaya hidup mereka yang memang lebih sehat dibanding lainnya. Tapi ini tidak secara instan menjadikan sarapan sebagai tolok ukur kesehatan seseorang. Intinya, kamu bisa makan atau tidak makan pada pagi hari, tergantung kondisi tubuhmu.

Karena terkadang ada banyak orang yang tak terbiasa sarapan justru lebih sehat atau tak memiliki masalah kesehatan. Mereka jadi lebih tidak nyaman ketika membiasakan sarapan setiap hari.

Jadi, jangan kemudian hanya mengandalkan sarapan untuk bisa menurunkan berat badan. Ada banyak faktor lain yang menentukan menurunnya berat badan.
Bagi kamu yang tak suka sarapan, tenang saja. Asal gaya hidup lainnya seperti olahraga dan makan sehat tetap kamu lakukan, kamu tetap bisa menurunkan berat badan dengan baik kok.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading